Kelas Inspirasi, Interaksi Para Profesional dengan Sekolah

Bermula dari teman-teman Indonesia Mengajar dan beberapa profesional yang ingin berkontribusi pada pendidikan Indonesia, lahirlah konsep Kelas Inspirasi. Kelas Inspirasi sendiri dikhususkan bagi para profesional yang telah bekerja pada bidang masing-masing untuk cuti sehari kemudian berbagi cerita mengenai profesi yang ia jalani kepada anak-anak sekolah.

Melalui program ini para profesional mengajar dari berbagai latar belakang yang telah memiliki rekam jejak dan pengalaman yang cukup dalam mendalami profesinya masing-masing diharuskan untuk cuti 1 hari. Secara serentak para profesional mengunjungi dan mengajar ke sekolah-sekolah pada Hari Inspirasi. Dengan adanya semangat yang besar dari para pendukung program ini, sampai-sampai membuat hari pelaksanaan Kelas Inspirasi dinamai sebagai Hari Inspirasi Nasional.

Berbeda dengan kegiatan-kegiatan sejenis yang dilakukan, sekolah yang dituju oleh program Kelas Inspirasi adalah sekolah-sekolah yang bisa dikatakan marjinal. Hal ini didasari kenyataan bahawa di sekolah-sekolah unggulan para siswanya relatif sudah memiliki wawasan yang cukup mengenai profesi dan cita-cita. Keadaan yang sangat berbeda jauh dengan siswa pada sekolah yang secara fisik kurang layak dan sekolah yang para siswanya berasal dari keluarga pra sejahtera.

Kelas Inspirasi merupakan solusi bagi para profesional Indonesia yang ingin berkontribusi dengan mengajar di lingkungannya. Hal ini membuka pintu interaksi antara kaum profesional dengan sekolah tempat mereka berpartisipasi. Harapannya para siswa akan memiliki lebih banyak pilihan cita-cita serta menjadi lebih termotivasi untuk memiliki mimpi yang besar. Ya, mereka membutuhkan kehadiran para profesional untuk membuka imajinasi mereka. Mengizinkan mereka bahwa tidak mengapa untuk memiliki mimpi yang tinggi, dimana dunia itu luas dan ada banyak jalan menuju cita-cita aslakan mau bekerja keras.

Sedangkan bagi profesional pengajar, Kelas Inspirasi dapat memberikan pengalaman mengajar di depan kelas sebagai bentuk kontribusi nyata dan aktif terhadap perbaikan masa depan bangsa. Interaksi antara para profesional dengan siswa dan guru diharapkan dapat berkembang yang nantinya menjadi lebih banyak gagasan dan kegiatan yang melibatkan kontribusi kaum profesional.

Kegiatan Kelas Inspirasi yang pertama diadakan pada 25 April 2012. Dengan tema career day. Animo yang besar dari para profesional untuk ikut berpartisipasi membuat program ini kembali diadakan di tahun 2013 serentak di beberapa kota seperti Jakarta, Bandung, yogyakarta, Surabaya, Solo, Pekanbaru, dan Makassar. Bahkan di beberapa kota terdapat wacana untuk mengadakan program Kelas Inspirasi dua kali setahun.

Di kali keduanya ini, total tercatat sebayak 1064 sukarelawan berpartisipasi dalam Kelas Inspirasi di 137 Sekolah Dasar (SD) negeri seluruh Indonesia. Mereka terpilih setelah melalui proses seleksi. Tentunya ini merupakan hal menarik yang benar-benar baru dirasakan oleh siswa-siswa maupun para profesional. Jadi bisa dibayangkan bagaimana bahagianya anak-anak tersebut ketika sekolah mereka didatangi oleh para profesional.

Related posts