Garda Tujuh Buana Negosiasi Ulang Kontrak

Rabu, 22/05/2013

PT Garda Tujuh Buana Tbk (GTBO) melakukan negosiasi ulang kontrak dengan Agrocom Ltd terkait perjanjian pemasaran dan pasokan batu bara. Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, Selasa (21/5).

Kata Sekretaris Perusahaan PT Garda Tujuh Buana Tbk, Rinaldi, negosiasi ulang sedang dilakukan dan akan diselesaikan secepat-cepatnya. "Keputusan final negosiasi ulang akan kami sampaikan secepatnya," ujarnya.

Perseroan tidak menjelaskan lebih detil mengenai langkah negosiasi dengan perusahaan asal Uni Emirat Arab tersebut. Sebelumnya perseroan memberi penjualan hak pemasaran (sale of marketing rights) pada Agrocom Ltd untuk menyiasati fluktuasi harga batu bara agar kinerja perseroan baik.

Hak pemasaran tersebut hak eksklusif kepada Agrocom untuk membeli, mencari dan menunjuk pembeli atas produksi batu bara yang diproduksi PT Garda Tujuh Buana Tbk selama periode tertentu. Dampaknya, perseroan tidak diperbolehkan menjual batu bara kepada pihak lain secara langsung selain pada Agrocom.

Perseroan telah menjual batu bara ke Agrocom dengan harga US$39 per ton dan biaya tunai tentatif US$14 per ton sehingga memberikan margin tunai pada Perseroan sebesar US$25 per ton. Berdasarkan perjanjian PT Garda Tujuh Buana Tbk dengan Agrocom, perseroan wajib mengirim batu bara dalam tiga kali pengiriman, yaitu tiga juta ton sebelum 30 Juni 2013, 3,5 juta ton sebelum 30 Jui 2014, dan 3,5 juta ton sebelum 30 April 2015. (bani)