free hit counter

PLN Ajak Investor Garap Proyek Rp1 Triliun

Jumat, 17/05/2013

NERACA

Jakarta- Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengatakan sedang mencari sumber pembiayaan untuk mendukung proyek senilai Rp100 triliun pada 2014 dan 2018. Karena itu, pihaknya tengah mencari investor yang berminat menginvestasikan dananya dalam proyek tersebut. “Saya punya proyek nilainya Rp100 triliun, nanti saya akan menanyakan kepada investor,” kata Direktur Utama PLN, Nur Pamudji di Jakarta, Kamis (16/5).

Menurutnya, proyek yang akan dilakukan yaitu proyek pembangkit listrik dan transmisi. Untuk proyek pembangunan pembangkit listrik, dana yang dibutuhkan diperkirakan sebesar US$9 miliar, sedangkan untuk proyek transmisi sekitar US$1,9 miliar. “Untuk 2014 sampai 2018, proyek pembangkitnya US$9 miliar, transmisi US$1,9 miliar, untuk Jawa, Kalimantan, dan Papua,” jelasnya

Beberapa sumber pembiayaan yang bisa dilakukan perusahaan untuk mendapat tambahan dana biasanya dapat dilakukan dengan pinjaman perbankan maupun penerbitan obligasi. Jika dicermati, hampir sebagian besar perusahaan lebih memilih sumber pendanaan melalui penerbitan obligasi karena dianggap memiliki suku bunga yang lebih kompetitif dibanding perbankan dan memiliki tenor yang lebih panjang.

Prospek Global BondNext