Hadirkan Keindahan Alam Papua

Festival Danau Sentani 2013

Sabtu, 18/05/2013

Menaiki perahu di danau ini akan menjadi pengalaman yang indah, Anda bisa menyewa perahu bermotor di salah satu desa untuk mengarungi luasnya danau.

NERACA

Terletak di dekat Jayapura, ibu kota Papua. Keheningan air danau ini akan membuat Anda merasa damai seperti berada di surga. Dengan merangkul Pegunungan Cyclops di sebelah utara dan tumbuhan subur sebagai latar belakang yang indah dan melindungi 24 desa yang betengger sekitar danau menjadikan danau ini sangat indah dan unik. Orang-orang di sini ramah dan kreatif, hasil kerajinan tangan mereka merupakan yang terbaik di tanah Papua.

Menaiki perahu di danau merupakan pengalaman yang indah, Anda bisa menyewa perahu bermotor di salah satu desa. Merasakan hembusan angin membelai kulit dan rambut Anda ketika melaju di danau, mengabadikan rumah-rumah panggung dan berkenalan dengan penduduk setempat hanya bisa Anda dapatkan dan rasakan di danau ini.

Danau Sentani dan sekitarnya dahulu merupakan tempat pelatihan untuk pendaratan pesawat amfibi. Landasan ini dibangun oleh Jepang yang kemudian diambil alih oleh Angkatan Darat AS pada tahun 1944. Legenda perang Amerika, Jenderal McArthur dikatakan pernah tinggal di danau dan di 22 pulau di dalamnya.

Hidup sebagai nelayan dan lokasinya yang dekat dengan ibu kota provinsi, adalah alasan mengapa sebagian besar penduduk sekitar danau terbuka pada pengunjung. Rumah panggung dengan kolam dan jaring adalah pemandangan umum di danau. Danau ini merupakan rumah bagi setidaknya 33 jenis ikan, yang hampir separuh dari mereka adalah asli danau ini. ikan gergaji(Pristis Microdon)merupakan ikan asli danau ini, namun kini diperkirakan sudah punah. Ikan ini merupakan salah satu ornamen adat pada kerajinan kayu Sentani.

Danau Sentai dapat dicapai dengan berkendara selama sekitar 30 menit ke arah barat dari kota Jayapura. Bandara Sentani, terletak sekitar 40 kilometer (25 mil) dari Jayapura. Sebagai ibu kota provinsi yang luas, Jayapura juga terhubung dengan kota-kota besar di Indonesia baik melalui udara dan laut. Anda dianjurkan untuk selalu memeriksa detail penerbangan Anda.

Untuk mempromosikan budaya Papua ke tingkat Internasional juga sebagai wadah pemberdayaan ekonomi masyarakat KabupatenJayapuramaka Pemerintah Kabupaten Jayapura kembali menghelat Festival Danau Sentani. Festival budaya ini akan berlangsung selama 4 hari yaitu pada19-23 Juni 2013. Acara akan berpusat diPantai Kalkhote, Kampung Ohei, Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, ProvinsiPapua.

Tahun ini Festival Danau Sentani akan mengangkat tema “One For All” atau “Satu Untuk Semua”. Festival yang memasuki tahun ke-5 ini akan menampilkan kekayaan budaya suku-suku yang hidup di sekeliling Danau Sentani. Penampilan tersebut berupa atraksi budaya di darat maupun di atas kapal, kesenian dan kerajinan, seperti seni ukir kulit kayu dari Kampung Assei, dan lomba menganyam rambut dan lomba suling tambur serta lomba tari pergaulan Yisom Pancar.

Festival Danau Sentani 2013 akan menjadi momentum khusus untuk menampilkan sejumlah budaya asli Sentani yang selama ini nyaris hilang. Festival Danau Sentani tahun ini terbilang istimewa dibandingkan tahun-tahun sebelumnya karena tahun ini akan diisi tari perang di atas kapal. Ada sekira 1000 penari dari 26 kampung adat Ondoafi, tampil melakukan atraksi perang di atas perahu. Begitu juga 600 peserta dari 20 Ondofi akan atraksi berperang di atas perahu. Peperangan di perahu dan di darat dalam parade itu adalah bagian dari upacara adat sakral rakyat Sentani yang dilestarikan sejak dulu.

Festival Danau Sentani pertama kali dihelat pada 2008. Karena begitu besarnya perhatian dari wisatawan dalam dan luar negeri terhadap festival ini maka Festival Danau Sentani rutin diadakan setiap tahunnya. Tahun lalu festival ini dikunjungi 48.548 wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.