Cara Cerdas Membuka Usaha Pusat Kebugaran

Selain fasilitas olahraga yang ada di Indonesia sangat minim. Ditambah, gaya hidup dan kesibukan yang dijalani oleh sebagian masyarakat pada suatu wilayah khususnya kota besar begitu dinamis, itu menjadikan peluang usaha pusat kebugaran cukup menjanjikan.

Namun, banyak diantara para pelaku usaha ini memulainya dengan modal nekat, karena mereka melihat peluang cukup besar di sekitar tetap tinggalnya. Caranya, mereka meminimalisasikan modal yang dikeluarkan dengan mencicil jumlah peralatan, membangun tempat yang sederhana namun nyaman, dan menjadikan dirinya sekaligus sebagai instruktur kebugaran.

Meski demikian, untuk memulai usaha ini, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, tentu segala yang terencana akan lebih baik daripada hal-hal yang tak terencana, Nah, beberapa hal-hal yang harus diperhatikan adalah tempat, peralatan serta instruktur andal.

Persiapan Tempat

Anda bisa memulainya usaha fitness center dengan tempat sekitar 60-75 m2, atau tempat seluas ruko pada umumnya. Di ruangan seluas ini bisa sudah bisa terpasang antara 8-12 alat fitness yang standar. Desain sedemikian rupa agar suasaananya mampu memberikan kenyamanan pada konsumen yang ingin berolahraga.

Pengadaan Peralatan Fitness

Memilih jenis peralatan yang akan dibeli tergantung beberapa faktor, misalnya dari segi harga, alat yang paling disenangi oleh para pelanggan, tentunya itu semua harus disertai survey terlebih dahulu ke tempat fitnees center yang sudah beroperasi.

Ketika menyediakan peralatan fitness hal yang perlu diperhatikan adalah, berhati-hati dalam membeli peralatan fitness center. Pasalnya, kini banyak beredar peralatan fitness tiruan dari bengkel atau gerai yang ada.

Perlu diketahui, setiap peralatan olahraga pasti telah dirancang sedemikian rupa untuk memenuhi tujuan penggunaannya. Memesan peralatan tiruan hanya akan menekan biaya investasi pada awalnya, tapi beresiko pada kualitas bahan dan desain.

Trainer

Trainer atau instruktur sangat penting bagi kelangsungan bisnis pusat kebugaran. Karena dengan adanya mereka, pasti cukup membantu para konsumen, terlebih bagi para konsumen baru, tentunya mereka masih sangatt memerlukan bimbingan dari seorang grainer atau instruktur.

Persiapan Lainnya

Selain itu, beberapa hal juga harus tersedia guna menunjang kemajuan usaha fitness center milik Anda, berikut beberapa diantaranya, sarana pendukung seperti loker-loker khusus untuk tempat barang pribadi pelanggan, televisi sebagai hiburan tambahan, paket sistem keanggotan yang memberikan diskon-diskon khusus, dan membuka kelas-kelas khusus, seperti kelas yoga dan aerobik.

BERITA TERKAIT

Akuakultur - KKP Lakukan Konsultasi Publik Aturan Usaha Pembudidayaan Ikan

NERACA Bandung - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melakuan konsultasi publik terkait rencana pemberlakuan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan tentang…

Kebijakan Publik - Kemenperin dan Polri Sinergi Wujudkan Kondusifitas Iklim Usaha

NERACA Jakarta – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) sepakat bersinergi untuk mewujudkan pengamanan di bidang perindustrian…

Impack Beri Pinjaman Anak Usaha US$7 Juta

Dukung pengemangan bisnis anak usaha, PT Impack Pratama Industri Tbk (IMPC) memberikan pinjaman kepada entitas anak ImpackOne Sdn Bhd, Malaysia…

BERITA LAINNYA DI PELUANG USAHA

Tahun 2019, Pemerintah Targetkan 8 Juta UMKM Aplikasikan Tekhnologi

Pemanfaatan teknologi digital untuk bisnis, khususnya skala usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), sudah menjadi sebuah keharusan. Sebab itu, upaya…

Pesatnya Perkembangan Pasar Modern dan Digitalisasi, Sarinah Tetap Bina UMKM

BUMN ritel PT Sarinah (Persero) menyatakan yakin bisa tetap eksis di tengah pesatnya perkembangan dunia digital. Untuk itu, Sarinah tetap…

Pertemuan IMF –WB Momentun Perkenalkan Produk UMKM Nasional Dikancah International

Pertemuan tahunan IMF – World Bank (WB)  yang berlangsung di Nusa Bali harus bisa menjadi momentum memperkenalkan produk  usaha mikro,…