Blackberry Messenger Siap Hadir di iOS dan Android

Sabtu, 18/05/2013

Kabar ini mengemuka beberapa bulan lalu saat Blackberry Z10 muncul dengan operating sistem yang cukup berbeda dibandingkan Blackberry sebelumnya. Kabar apakah aplikasi Blackberry akan dijual layaknya Whatsapp atau Line. Meski kabar itu sempat ditepis, karena dianggap akan mengganggu penjualan ponsel blackberry. Tetapi, kini kabar mengejutkan itu hadir kembali meramaikan dunia teknologi.

Produsen smartphone terkemuka asal Kanada tersebut baru mengumumkan bahwa aplikasi instant messaging populer yang selama ini hanya ada di perangkat buatan mereka, BlackBerry Messenger, akan hadir di platform smartphone lain, yaitu iOS dan Android. Hal ini tentunya sangat mengembirakan banyak orang, karena mungkin saja kelemahan ponsel blackberry saat ini tidak ditemukan diponsel smartphone lainnya. Jadi nantinya para pengguna smartphone bisa melenggang menggunakan aplikasi Blackberry Messenger.

Dalam sebuah presentasi yang dibawakan di acara tahunan Blackberry Live 2013, CEO BlackBerry, Thorsten Heins, memberikan kepastian bahwa aplikasi instant messaging tersebut akan hadir sebagai aplikasithird partydi perangkat dengan sistem operasi iOS dan Android. Aplikasi BlackBerry Messenger tersebut akan hadir di kedua platform tersebut pada musim panas tahun ini yang berarti di sekitar bulan Juli atau Agustus tahun ini.

Menurutinformasi dari pihak BlackBerry, versi perdana BBM untuk iOS dan Android akan mengusung beberapa kemampuan dasar instant messaging itu, sepertipersonal chat,multiperson chat,voice note, serta BBM Group. Fitur-fitur lain yang saat ini sudah ada di BBM di perangkat BlackBerry, seperti voice call, video call, screenshare, dan BBM Channel akan hadir sebagai update di waktu yang akan datang.

Untuk spesifikasi minimal perangkat dengan iOS dan Android, pihak BlackBerry mensyaratkan penggunaan sistem operasi minimal iOS 6.0 untuk perangkat iPhone, serta Ice Cream Sandwich untuk perangkat berbasis Android. Fitur BBM Channel akan memungkinkan terbentuknya komunitas berbasis BBM. Nantinya BBM Channel akan dimanfaatkanbrandatau selebriti. Di acara yang sama, BlackBerry juga mengumumkan fitur baru BBM Channel yang sedang dalam tahap Beta (uji coba).