Tips Pintar Gunakan Listrik Pintar

Sabtu, 18/05/2013

Kebijakan untuk mengganti listrik pascabayar dengan listrik prabayar memang belum disosialisasikan lebih dalam ke semua masyarakat. Beberappa pengguna merasakan keresahan akibat listrik prabayar yang dianggap boros. Dengan menggunakan listrik pintar ini, kiranya kita harus pintar juga dalam menggunakannya, salah satunya menghemat penggunaan listriknya. Selain hemat pengeluaran upaya hemat listrik juga bentuk partisipasi kita dalam pelestarian lingkungan dan energi.

Berikut ini bagaimana cara menghemat listrik yang bisa langsung kita aplikasikan dirumah, tips cara hemat menghemat listrik rumah kita, hemat listrik untuk pelestarian lingkungan dan energy. Gunakan lampu hemat energi, lampu neon hemat energi juga memberikan pencahayaan yang lebih baik dibandingkan lampu pijar. Utamakan memilih alat-alat elektronik dengan fasilitas hemat energi saat membeli alat-alat elektronik baru.

Gunakan alat-alat elektronik kita dengan bijak, gunakan seperlunya, matikan ketika tidak digunakan dan cabut kabelnya jika tidak akan digunakan dalam waktu lama. Jika kita menggunakan pompa air, gunakan tangki air dan buat jadwal hidup pompa air. Gunakan air dengan hemat. Buat sistem sirkulasi udara yang baik di rumaha kita, serta tanam tumbuh-tumbuhan disekitar rumah. ini akan menekan suhu udara sehingga kita tidak perlu menggunakan AC.

jika kita menggunakan AC, atur suhu AC kita seperlunya. suhu AC yang lebih dingin membutuhkan energi listrik yang lebih banyak. bersihkan AC secara teratur. Buat sistem pencahayaan yang baik di rumah anda sehingga anda tidak perlu menghidupkan lampu di siang hari. Buat jadwal mencuci dalam satu minggu, dan gunakan mesin cuci sesuai kapasitas, jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit. gaunakan pengering bila hanya benar-benar perlu.

Buat jadwal menyetrika seminggu sekali, karena proses pemanasan setrikaan memerlukan daya listrik yang cukup besar. Bersihkan kulkas secara rutin agar kinerja kulkas tetap optimal. Isi secukupnya, jangan dibuka tutup terlalu sering dan tutup dengan rapat. Perhatikan meteran listrik dan segera evaluasi jika terjadi lonjakan penggunaan. Rawat instalasi listrik di rumah anda dan gunakan alat-alat elektronik yang sesuai. Pilih menggunakan laptop dibandingkan desktop, atau kalau harus menggunakan desktop gunakanlah layar lcd. laptop dan layar lcd lebih hemat energi.