STEI Tazkia Didorong Sosialisasi Manajemen Ekonomi Islam

Senin, 13/05/2013

NERACA

Bogor - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK-OJK), Muliaman Darmansyah Hadad mengatakan, STEI (Sekolah Tinggi Ekonomi Islam) Tazkia memiliki peran dalam melakukan sosialisasi manajemen ekonomi Islam kepada masyarakat luas.

"Program manajemen ekonomi Islam yang dilaksanakan oleh STEI Tazkia ada relevansi dengan fungsi OJK dalam bidang sosialisasi dan edukasi," kata Muliaman di Kampus STEI Tazkia, Sentul Kabupaten Bogor Jawa Barat, pekan lalu.

Muliaman menjelaskan, OJK memiliki fungsi sebagai pengawas jasa keuangan dan sosialisasi edukasi. Dalam pengawasan, OJK berfungsi mengawasi tiga direktorat yakni perbankan syariah, institusi keuangan nonbank dan pasar modal syariah.

Sementara itu, peran OJK dalam pengawasan belum sepenuhnya tersosialisasikan, sehingga OJK terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai jasa keuangan. "Belum seluruhnya masyarakat kita menikmati jasa keuangan, hal ini karena kurangnya sosialisasi dan edukasi," katanya.

Terkait industri keuangan Islam di Indonesia, lanjut Muliaman, sejak diberlakukan belum mencapai lima persen. "Peran STEI Tazkia sangat membantu OJK dalam edukasi dan sosialisasi jasa keuangan,” tandas dia.[ardi]