Produsen Otomotif Berlomba-lomba Tawarkan Teknologi Terkini

Sabtu, 11/05/2013

Kemajuan teknologi pada dunia otomotif khususnya roda empat, pada kenyataannya memberi keuntungan tersendiri bagi masyarakat, karena kenyamanan dalam berkendara dan fasilitas yang di sediakan dalam mobil menjadi pilihan yang utama untuk masyarakat sekarang ini.

NERACA

Dari tahun ke tahun, tampaknya dunia otomotif mengalami perkembangan yang baik. Ini bisa kita lihat fasilitas yang ditawarkan setiap jenis kendaraan membuat orang lebih nyaman saat berkendara. Persaingan teknologi antar Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) pun kian sengit, ingin menjadi yang terbaik di kelasnya.

Salah satu bukti pesatnya perkembangan dunia otomotif nusantara adalah masuknya mobil-mobil dengan teknologi terkini dan beberapa di antaranya bahkan menawarkan teknologi konsep masa depan. Salah satu teknologi terkini yang menunjukkan tingkat kemajuan dunia otomotif yang positif di Indonesia adalah teknologi CVT (Continuously Variable Transmission).

Berbeda dengan transmisi manual dan otomatis yang dapat dijumpai pada mobil-mobil produksi tahun yang lebih rendah, yang memanfaatkan sistem gear, CVT mencoba menciptakan perbandingan putar dengan memanfaatkan sabuk (belt) dan puli. Puli pada CVT ini sangat fleksibel dimana ia dapat mengurangi ataupun menambah diameternya dan menghasilkan perubahan rasio yang diharapkan.

Bagaimanapun, menilik merek dan tipe mobil baru yang masuk ke Indonesia beserta teknologinya yang canggih-canggih, dunia otomotif Indonesia dapat dikatakan memiliki prospek yang cukup bagus ke depannya.

Smart Focus

Active City Stop: Fitur ini menggunakan informasi dari sensor lidar (light detection and ranging) yang berfungsi membantu mengurangi keseriusan benturan, bahkan dalam beberapa kasus menghindarinya. Sistem ini aktif sampai pada kecepatan 30 km/jam.

Active Park Assist: Dapat memarkir ke tempat parkir hanya 1,2 kali panjang kendaraan. Dengan menekan tombol, sensor ultrasonik akan menemukan tempat parkir yang cukup besar saat Anda melewatinya. Pengemudi hanya tinggal menekan pedal gas atau rem, serta memindahkan tuas maju atau mundur. Sementara arah setang kemudi diarahkan secara otomatis oleh sistem yang terintegrasi.

Blind Spot Information System: Menggunakan sensor radar pada setiap sisi All-New Focus untuk melihat adanya kendaraan tersembunyi di sisi blind spot, lalu menampilkan peringatan melalui titik lampu oranye pada kaca spion samping.

Ford Sync: Teknologi dari Microsoft ini menghubungkan Anda hampir setiap jenis telepon seluler atau pemutar media digital ke Focus baru Anda melalui koneksi Bluetooth dan USB secara berurutan. Koneksi tanpa gangguan, kendalikan ponsel melalui suara, serta pembacaan pesan singkat sms. Sayangnya sistem voice command (perintah suara) ini baru bisa diaplikasikan dengan menggunakan bahasa Inggris.

Keamanan Pengereman

City-Brake Active System, yang merupakan sebuah sistem pendukung untuk menghindarkan pengemudi dari kecelakaan. City-Brake Active System bekerja dengan memberikan peringatan audio dan visual untuk mengatur kinerja rem sesuai dengan kondisi berkendara yang aman.

Saat kendaraan melaju dengan kecepatan kurang dari 30 km/jam, sistem ini akan menentukan risiko tabrakan tingkat tinggi dengan menggunakan radar laser yang terdapat pada bagian atas kaca depan untuk menghindari dan mengurangi tingkat kerusakan akibat kecelakaan. Jika pengemudi tidak mengambil tindakan untuk memperlambat kendaraannya, sistem ini akan berfungsi secara otomatis untuk melakukan pengereman.

City-Brake Active System juga memiliki fungsi mencegah laju kendaraan secara mendadak yang tidak disengaja. Pada saat kendaraan sedang diam atau berjalan kurang dari 10 km/jam, jika sistem membaca bahwa pengemudi menginjak pedal gas terlalu keras-misalkan pengemudi tanpa sengaja menginjak pedal gas saat bermaksud menginjak pedal rem-dan sistem mendeteksi ada objek lain dalam jarak sekitar 4 meter di depan kendaraan, sistem akan mengirim peringatan audio dan visual serta mengontrol output mesin untuk menahan laju kendaraan.