Semarakkan Ulang Tahun Kota Semarang ke-466 - Semarang Night Carnival 2013

Seluruh warga KotaSemarang begitu antusias menyaksikan kemeriahan acara Semarang Night Carnival, mereka terlihat memadati sepanjang Jalan Pemuda hingga kawasan Simpang Lima.

NERACA

Semarang Night Carnival 2013 kembali digelar 2 Mei 2013 kemarin. Mengusung tema“Semarang Semarak Warna”acara ini dihelat dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kota Semarang yang ke-466.Menempuh jarak sejauh 4 km, 500 peserta memamerkan peragaan kostum kreatif penuh warna sekaligus bercahaya (lampu) dipadukan dengan koreografi atraktif.

Sebagian besar peserta karnaval ini adalah siswa sekolah menengah pertama, sekolah menegah atas hingga perguruan tinggi di Kota Semarang. Semarang Night Carnival kali ini melibatkan perguruan tinggi seni dan sekolah modeling (Unika Soegiyopranoto dan AIESECUNDIP, dan Semarang International School) untuk memperkaya kostum dan koreografi yang ditampilkan peserta.

Karnaval dimulai pukul 19.00 WIB dengan laungan sirine dengan pembuka jalan 30 motor besar Harley Davidson dan marching band Akademi Kepolisian. Berikutnya secara bertahap sesuai tema, parade dimulai dari depan Balai Kota Semarang dan berakhir di Simpang lima.

Karnaval malam hari tersebut berlangsung istimewa karena peserta yang berjalan kaki juga sambil menari diiringi lagu Jawa seperti “Jangkrik Genggong”, “Gambang Semarang”, “Goyang Semarangan”, “Gambang Suling”,dan lainnya. Hal yang berbeda juga tampak pada adanya kendaraan (mobil double cabin) yang membawa lampu sorot dan sound system. Sorot lampu yang mengarah langsung pada peserta karnaval memantulkan cahaya warna-warni karena sebagian besar bahan kostum peserta berupa spot light dan dilengkapi lampu kecil yang menyala dengan baterai.

Semarang Night Carnival 2013 sendiri menghadirkan perpaduan empat budaya, yaitu: Jawa, Arab, China, dan Belanda. Semuanya merupakan representasi keragaman etnis yang ada di Semarang sejak pertama kota tersebut berdiri. Semarang sejatinya memang perpaduan dari beragam etnis dan agama yang berbaur dalam keharmonisan. Hingga kini jejak keempat budaya tersebut masih terasa dalam bentuk elemen budaya, kearifan lokal, dan pemukiman etnis seperti di kawasan Kauman, Pecinan, dan Kota Lama. Penyelenggaraan Semarang Night Carnival telah menjadi media ekspresi dan apresiasi berbagai bentuk kearifan lokal masyarakat kota Semarang yang majemuk tersebut.

Parade karnaval diakhiri pentas hiburan berupa panggung di Lapangan Pancasila Simpang Lima. Panggung tersebut merupakan panggung terbesar yang pernah didirikan di Semarang dengan luas 12 X 12 meter, ditambah pula tiga panggung berukuran 8 X 12 meter dan layar besar yang dapat terlihat hingga seluruhSimpang lima. Beberapa artis pun turut hadir dan memeriahkan acara hiburan ini seperti Judika, Gisel, dan Inul Daratista. Pertunjukan kembang api spektakuler selama lima menit menutup akhir acara ini tepat pada pukul 21.00 WIB.

Semarang Night Carnival 2013 menjadi acara puncak perayaan Hari Ulang Tahun Kota Semarang. Sebelumnya beberapa event lain digelar di kota ini, yaitu: ICMITM (Indonesia Conference Meeting Insentive Travel Mart), Tugumuda Bike Week 2013 yang menghadiran 1.000 bikers motor besar dari seluruh Indonesia, Semarang Great Sale, serta Semarang Internasional Batik and Craft Festival yang berlangsung di Kampoeng Semarang.

Tak ketinggalan, Kota Semarang juga kembali mengadakan program tahunanSemarang Great Sale(Semargres) 2013. Acara yang memasuki tahun ke-3 itu digelar sejak 7 April hingga 7 Mei 2013 yang menghadirkan diskon di berbagai pusat perbelanjaan, aneka wisata belanja kuliner, produk kerajinan, maupun fasilitas hiburan yang ada di Kota Semarang. Sejumlah agenda pendukungnya pun dihelat seperti pameran Kampung Semarang dan Simfoni Kota Lama.

BERITA TERKAIT

Jelang Natal dan Tahun Baru, PLN Area Sukabumi Gelar Apel Siaga

Jelang Natal dan Tahun Baru, PLN Area Sukabumi Gelar Apel Siaga NERACA Sukabumi - Jelang Natal dan Tahun Baru, PLN…

Jelang Natal dan Tahun Baru, PLN Area Sukabumi Gelar Apel Siaga

Jelang Natal dan Tahun Baru, PLN Area Sukabumi Gelar Apel Siaga NERACA Sukabumi - Jelang Natal dan Tahun Baru, PLN…

Jelang Tutup Tahun, JICT Tetap Komitmen Berikan Layanan Terbaik

Jelang Tutup Tahun, JICT Tetap Komitmen Berikan Layanan Terbaik NERACA Jakarta - Jelang tutup tahun, bukan berarti kegiatan semakin sepi…

BERITA LAINNYA DI WISATA INDONESIA

Bangunan Peninggalan Belanda Jadi Alternatif Wisata Bromo

Bangunan tua peninggalan masa kolonial Belanda yang berada di lereng Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur bisa menjadi alternatif wisata…

Ini yang Perlu Anda tahu Sebelum Beli Tiket Murah

Berburu tiket murah sebelum bepergian memang menarik demi menghemat biaya perjalanan, tapi bagaimana agar semua bejalan lancar dan menyenangkan. Perusahaan…

Wisata Padang Ternak di NTT

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur sedang menyiapkan sejumlah lokasi peternakan di daerah itu untuk dikembangkan menjadi kawasan wisata ternak."NTT miliki…