Raja Ampat Selenggarakan Jambore Nasional Lansia

Sabtu, 11/05/2013

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerjasama dengan Kementerian Sosial mengadakan Wisata Bahari Raja Ampat bagi peserta Jambore Nasional Lansia, dalam rangka kegiatan memperingati Hari Lansia Nasional pada 4-16 Mei 2013 yang dilaksanakan diRaja Ampat, Papua.

Indonesia memiliki begitu banyak destinasi yang layak dinikmati oleh warganya, baik usia muda maupun tua. “Pariwisata sedianya tidak hanya dilakukan oleh generasi muda saja. Kita juga sebaiknya memberikan perhatian lebih kepada para orang lanjut usia,” kata Staf Ahli Menteri Hubungan Antar Lembaga Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Syamsul Lussa saat memberi pembekalan kepada peserta Jambore Nasional Lansia di Balairung Soesilo Soedarman beberapa waktu lalu.

Menanggapi rencana menjadikan wisata bahari sebagai salah satu kegiatan pengembangan wisata bagi lansia, yang akan diselenggarakan di Raja Ampat, Syamsul mengatakan bahwa Raja Ampat merupakan destinasi wisata selam terbaik yang dimiliki Indonesia. “Saya menyambut baik rencana wisata bahari yang akan diselenggarakan oleh Kementerian Sosial ini. Bagaimanapun, para orang tua memiliki daya pengaruh yang besar bagi anak-anaknya, demikian juga dalam hal pariwisata,” lanjutnya.

Sementara itu, ketua Dewan Nasional untuk Kesejahteraan Sosial, Hariono Suyono mengatakan bahwa generasi lansia memiliki peranan dalam mendidik generasi muda. Untuk itu, potnesi mereka sebaiknya dimaksimalkan. “Sebaiknya, lansia tidak serta merta ditempatkan di panti jompo karena tempat terbaik bagi mereka adalah ditengah keluarga dan lingkungan asalnya. Kita sebaiknya memberikan kesempatan pada para lansia untuk menikmati hari tuanya, salah satunya dengan berwisata,” katanya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Panitia Hari Lanjut Usia Nasional, Moeryati Soedibjo. “Sebagai generasi lansia, kita harus tetap produktif dan bahagia, salah satunya dengan berwisata,” kata dia.