Tingkatkan Layanan, XL Modernisasi Jaringan

Jumat, 03/05/2013

Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan, PT XL Axiata Tbk (XL) melakukan modernisasi jaringan guna menambah kapasitas sehingga mampu meningkatkan kualitas semua jenis layanan, baik voice, SMS, dan terutama akan menopang kualitas layanan data.

Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta kemarin. Kata VP Central Region XL, Nuruddin Al Fithroh, modernisasi jaringan harus dilakukan mengingat kebutuhan pelanggan atas layanan terus meningkat untuk semua jenis layanan, ”Proses serupa sudah di lakukan perseroan di sebagian area lain, baik di Jawa maupun luar pulau lain, seperti Sumatera,”ujarnya.

Menurutnya, modernisasi sekaligus juga sebagai antisipasi perseroan atas terus meningkatkan akses pelanggan pada layanan data di mana pelanggan membutuhkan baik kecepatan maupun sinyal yang stabil. Langkah ini sekaligus sebagai realisasi atas komitmen XL untuk menghadirkan layanan yang berkualitas bagi pelanggan.

Disebutkan, proses ini akan dimulai dari Solo kemudian berlanjut ke seluruh kabupaten dan kecamatan yang ada di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Proses ini akan berlangsung mulai 27 April hingga akhir 2013. Secara lebih spesifik, proses modernisasi jaringan yang dilakukan XL berupa perbaikan desain, penggantian perangkat, penalaan dan optimisasi jaringan. Untuk penggantian perangkat dilakukan dengan melakukan modernisasi 954 RBS (Radio Base Station) 2G eksisting serta mengganti 1080 RBS 3G lama dengan perangkat terbaru yang lebih canggih dan lebih besar kapasitasnya.

Pada modernisasi jaringan ini juga dilakukan penggabungan beberapa perangkat RBS menjadi satu atau dikenal dengan istilah ”Single RAN” sehingga menjadi lebih hemat tempat dan praktis dalam pengoperasiannya. (bani)