Kisah Cinta dalam Larangan Adat

Mursala

Sabtu, 04/05/2013

Film terbaru yang dibintangi oleh Rio DewantodanTiti Sjuman, yaitu "Mursala". Film ini sebenarnya direncanakan rilis pada tahun 2012 lalu, namun karena sempat dilarang oleh Direktorat Pengembangan Industri Perfil0man Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia karena sesuatu hal jadinya baru akan dirilis tahun 2013 ini.

"Mursala"disutradarai olehViva Westidengan bintang-bintang sepertiRio Dewanto, Titi Sjuman, Anna Sinaga, Tio Pakusadewo, Bonaran Situmeangdan bintangstand up comedy Mongol. Film yang berdurasi 100 menit ini akan dirilis pada 18 April 2013 mendatang.

Westy mengharapkan, film ini dapat membawa pesan tentang kearifan budaya lokal dan menjadi alat promosi pariwisata di Tapanuli, Sumatera Utara. "Film ini bergenre drama romantis dengan para pemain utama dari ibukota, dan didukung sejumlah pemeran dari daerah Batak," kata Westy.

Anna Sinaga selaku eksekutif produser sekaligus pemain, mengaku produksi film ini didedikasikan kepada tanah leluhur dan profesinya sebagai pengacara. "Film ini merupakan ungkapan terimakasih saya terhadap dunia kepengacaraan dan tanah leluhur sekaligus saya ingin memberikan kontribusi bagi perfilman nasional," kata Anna Sinaga, yang kini juga aktif sebagai pengacara.

Film ini berkisah tentangAnggiat Simbolon(Rio Dewanto)yang merantau ke Jakarta dari kampungnya Sorkam Tapanuli Tengah. Akhirnya dia pun sukses menjadi pengacara. Namun belum sempurna karena sang ibu menginginkan Anggiat menikah denganpariban-nya (saudara sepupu).

Hal itu membuat Anggiat bingung, karena di Jakarta Anggiat telah memilih wanita batak lain yang dia cintai yaituClarita Saragih(Anna Sinaga), seorang presenter televisi. Masalah besar muncul karena marga mereka berdua masuk dalam larangan adat. Mereka dilarang menikah, kecuali keluar dari marganya masing-masing. (Konon, ada 70 marga berbeda yang tidak boleh saling nikah)

Di tengah kebimbangan, Anggiat bertemu kembali denganBonatiur Sinaga,pariban yang ternyata teman masa kecilnya dulu diPulau Mursala. Tiur adalah seorang pecinta alam biota laut yang beberapa kali gagal menjalin cinta.