Smartphone Terbaik Diawal 2013

HTC One, Xperia Z, Samsung S4

Sabtu, 04/05/2013

Berbekal kempuan yang sangat beragam dan baik, membuat smartphone sangat digemari saat ini. Terutama smartphone dengan OS Android. Teknologi yang ditawarkan sangat memanjakan penggunannya. Berikut ini adalah smartphone Android terbaik diawal 2013.

NERACA

Smartphone yang pertama adalah HTC One. Lama ditunggu tentang kapan perangkatHTCterbaru, pabrikan asal Taiwan tersebut akhirnya bulan maret menjawabnya dengan memasarkan smartphoneHTC One. Seperti telah diperkirakan sebelumnya lewat rumor beredar, smartphone andalan terbaru ini akan diluncurkan bulan depan, seperti ditukil dari GsmArena.

Menunggangi platformAndroid 4.1.2 terbalut tubuh aluminium, smatrphoneHTCOne bakal ditenagai oleh keluarga prosesor teranyar dari Qualcomm Snapdargon 600 Quad Core 1,7GHz. Dibekali pula dengan layar 4,7 inci super LCD 3 beresolusi 1080 piksel dan berkedalaman warna 469 ppl, tentunya menawarkan kualitas gambar berpendar jernih dan terang. Apalagi disediakan kartu grafis Adreno 320 dengan dorongan RAM 2 GB. Sektor penyimpanan sebesar 32 GB hingga atau 64 GB serta dapat terkoneksi lewat LTE, NFC, WiFi a/b/d/n/ac, Bluetooth 4 dan GPS (Glonass).

Kamera sebesar 4MP berteknologi Ultrapixels sehingga dapat merekam video dengan resolusi 1080p @30fps resolusi tinggi(HDR). Inilah yang disebut dengan Ultrapixels, menjanjikan penambahan kecepatan kualitas perpiksel dalam kondisi minim cahaya. Satu lagi fitur Gyroscope berbasis stabilizer gambar optic sangat penting untuk prosesi merekam video. Baterai 2300 mAh terpendam menyatu dengan jeroan perangkat memastikan jika jatuh perangkat ini tak akan terburai berantakan.

Smartphone yang selanjutnya ini sudah tidak asing lagi ditelinga kita, yaitu Xperia Z. Jika para kompetitor sudah lama menjamah pasar produk smartphone quadcore,Sonymalah baru pertama kalinya hadirkan prosesor quad core untuk seri Xperia-nya. Berlayar 5 inci Xperia Z juga mampu bertahan di dalam air.

Berdimensi 139 x 71 x 7.9 mm, 146 gram, full touchscreen, material kaca anti pecah dan gores; port audio 3.5 mm; slot microSIM, tombolpower/lock, pengatur volume suara, speaker; lubang mic; konektor dock, port microUSB, slot microSD, (sekeliling ponsel dari sisi atas). Xperia Z punya bentukan yang tipis dan cukup tegas. Meski terkesan agak kotak simetris baik dari sisi depan maupun belakang, namun masih nampak elegan karena adanya sedikit melengkung dibagian sudut. Dengan tiga pilihan warna (hitam, putih dan ungu) mengesankan produk ini sebagai smartphone kelas atas.

Dengan sertifikasi IP55 dan IP57, Xperia X dapat menyakinkan pengguna bahwa bisa mengatasi situasi terendam di dalam air dengan kedalaman mencapai 1 meter selama hingga 30 menit tanpa mengalami kerusakan. Apalagi dikedua sisi utama ponsel dilindungiSonymelapisinya dengan kaca yang diklaim anti pecah, plus disetiap slot yang menghubungkan langsung ke bagian dalam ponsel terlindungi oleh penutup yang menghalangi air untuk masuk.

Beberapa slot dan tombol tersebut diantaranya seperti port audio 3.5 mm yang berada disebalah atas, slot microSIM, tombol power/lock, pengatur volume suara dan speaker disebelah kanan, lubang mic dibagian bawah dan konektor dock, port microUSB serta slot microSD ada disebelah kiri.

Dan yang terakhir adalah Samsung Galaxy S4. Sejak pengumumannya sudah kita ketahui bersama bahwa Samsung Galaxy S4 akan tersedia dalam dua versi, yakni berjalan pada chipset terbaru Samsung Exynos 5 Octa dan chipset Snapdragon Qualcomm 600. Namun belum diketahui negara-negara mana saja yang dipilih samsung yang akan gunakan kedua versi tersebut.

Samsungjuga telah mengkonfirmasi jikaSamsung Galaxy S4 dengan Snapdragon chipset 600 akan tersedia di Amerika Serikat, Kanada dan Swedia. Dan kemarin Inggris telah bergabung dengan pasarSamsung Galaxy S4 yang tidak akan didukung oleh platform Exynos 5 Octa.

Chipset Exynos 5 Octa memiliki dua prosesor yang tidak beroperasi secara bersamaan, yakni CPU quad-core 1.6GHz ARM Cortex-A15 yang digunakan untuk beban berat dan quad-core 1.2GHz ARM Cortex-A7 CPU untuk tugas-tugas ringan. Exynos 5 Octa juga dilengkapi dengan grafis tri-core PowerVR SGX544MP3.

Sedangkan Qualcomm Snapdragon chipset 600 yang sudah tersedia di pasar dan digunakan oleh beberapa smartphone, muncul dengan prosesor quad-core Krait 300 berkecepatan 1.9GHz dan grafis Adreno 320.Beberapa orang menduga versiSamsungExynos 5 Octa akan memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan versi Qualcomm Snapdragon 600.

Dugaan lainnya adalah bahwa Galaxy S4 yang dilengkapi dengan LTE (I9505) yang akan menggunakan chipset Snapdragon 600. Sedangkan Exynos 5 Octa (I9500) tidak akan menggunakan konektivitas LTE. Karena itulah mungkin mengapa pasar-pasar utama yang dipilih adalah Amerika Serikat, Kanada dan Inggris karena ketersediaan LTE-nya. Dengan kombinasi ini jaringan dan prosesor ini, maka bisa jadi Indonesia yang belum tersedia jaringan LTE akan mendapatkanSamsungGalaxy S4 versi Exynos 5 Octa (I9500).