Pecinta Otomotif Tunggu Ajang IIMS 2013

Ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) September mendatang sangat dinantikan oleh para pecinta otomotif khususnya roda empat. Agar ajang ini sukses dan mendapatkan respon sangat baik dari masyarakat persiapan pun dudah dilakukan sejak kini.

NERACA

Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) semakin memantapkan persiapan pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 yang akan digelar September mendatang. Bekerjasama dengan Dyandra Promosindo selaku pelaksana pameran, berbagai perencanaan dan pembenahan dilakukan panitia untuk menghadirkan IIMS yang lebih maju dan meriah dari tahun ke tahun.

“IIMS merupakan barometer industri otomotif di Indonesia. Oleh karena itu, Gaikindo berharap pameran ini terus semakin lebih baik, agar bisa memberikan gambaran kepada dunia internasional semakin majunya industri otomotif tanah air,” jelas Sudirman MR, Ketua Umum Gaikindo. 

Beroperasinya pabrik baru beberapa Agen Pemegang Merek (APM) seperti Nissan, Honda, dan Daihatsu, juga menjadi indikasi positif perkembangan industri otomotif di tanah air, yang kami harap hasil positifnya dapat diperlihatkan pada penyelenggaraan IIMS tahun ini.

Antusiasme menyambut IIMS 2013 ini semakin terbangun dengan repon positif dari masyarakat terhadap program mobil murah dan ramah lingkungan atau  low cost and green car (LGCC). Semangat menghadirkan IIMS yang lebih berkesan tahun ini juga mendapat dukungan penuh para APM untuk kembali hadir dan menyemarakkan pameran yang akan digelar di JI-Expo Kemayoran selama 11 hari pada 19 - 29 September 2013 mendatang.

Dengan jumlah total 35 APM akan hadir di IIMS kali ini, terdiri dari 26 passanger cars yakni Audi, BMW, Chevrolet, Chrysler, Dodge, Daihatsu, Ford, Honda, Hyundai, Inviniti, Jeep, KIA, Mazda, Mercedes-Benz, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Peugeot, Proton, Renault, Smart, Subaru, Suzuki, Tata Motors, Toyota, dan VW. Sedang dari jajaran commercial vehicles akan hadir 9 brand yakni Dyna, FAW, Foton, Fuso, Hino, Isuzu, MAN Trucks, Tata Motors, serta UD Trucks.

“Dukungan terhadap pelaksanaan IIMS tidak hanya datang dari seluruh APM anggota Gaikindo, namun  yang sama juga ditunjukkan oleh industri-industri pendukung,” tutur Johnny Darmawan, Ketua Penyelenggara IIMS 2013.

Dengan semakin banyaknya permintaan industri pendukung untuk tampil di IIMS, panitia penyelenggara pun membuat terobosan untuk mengakomodirnya, dengan memperluas area semi permanent. Johnny menjelaskan bahwa tahun ini IIMS memaksimalkan 75% dari penggunaan lahan JIExpo yakni sebesar 75.101 m2 digunakan untuk area pamer, dan lebih dari 10.000 m2 diantaranya digunakan area semi-permanent, yang kali ini menambahkan 2 area baru, sehingga total terdapat 5 semi-permanent hall pada IIMS 2013 yang diperuntukkan khusus untuk industri pendukung otomotif.

Smart Vehicle Mobility

Mengangkat tema “Smart Vehicle Mobility” IIMS kali ini merupakan bukti konsistensi pameran otomotif terbesar di Indonesia ini dalam membuktikan kepedulian dan peran aktif industri otomotif memimpin jalan untuk semangat efisiensi energi di Indonesia.

\"Smart Vehicle Mobility\" adalah pengenalan sistem transportasi yang memiliki standar efisiensi yang mengurangi pemborosan bahan bakar, serta mengurangi emisi gas buang berlebih. Karena lewat teknologi energi yang hemat dan bersih akan terbangun sistem mobilitas masa depan.

Melalui tema ini, industri otomotif ingin mendorong perilaku cerdas berkendara yang tidak hanya mempertimbangkan kenyamanan visual, dan juga keterjangkauan dalam sisi ekonomikal, namun juga memiliki teknologi hemat energi yang mumpuni hingga dapat mengurangi emisi yang ditinggalkan.

Beberapa program telah dirintis pemerintah bersama industri otomotif, salah satunya adalah program Low Cost Green Car (LCGC). Program yang mendapatkan dukungan penuh dari merek dan pemain besar di industri otomotif Indonesia, bertujuan untuk mendorong imlementasi kendaraan berteknologi hemat konsumsi bahan bakar dengan harga terjangkau bagi masyarakat Indonesia.

Program LCGC dengan teknologi ramah lingkungan yang hemat dan bersih, serta ditawarkan dengan harga yang terjangkau adalah gambaran pasti dari tema “Smart Vehicle Mobility” yang diusung IIMS 2013.

Masih dalam rangka konsistensi IIMS mendukung perkembangan industri otomotif, panitia kembali menggalang komitmennya lewat berbagai program sosial, dan tahun ini IIMS kembali berkomitmen dalam melaksanakan program-program sosial salah satunya lewat program IIMS 2013 Student Visit To Assembly Plant (Kunjungan Pabrik), dan juga program Kunjungan Pelajar Nusantara dimana pelajar-pelajar berprestasi dibidang studi otomotif dari beberapa daerah akan diundang untuk merasakan langsung eforia perkembangan industri otomotif di IIMS 2013.

“IIMS 2013 ingin terus membuka jalan bagi pelajar Indonesia untuk melihat dan mempelajari secara langsung  perkembangan industri otomotif Indonesia, salah satu caranya adalah lewat kunjungan pelajar ke beberapa pabrikan APM dan juga kunjungan pelajar berprestasi ke arena pameran,” ungkap Johnny.

 

BERITA TERKAIT

Lindungi UKM Industri Otomotif

NERACA Jakarta – Sebagai upaya melindungi UKM (Usaha Kecil Menengah) industri otomotif khususnya produsen knalpot, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM)…

Warna Baru Filano Hybrid-Connected Lebih Berkelas

NERACA Jakarta – Produk CLASSY Yamaha terus memiliki banyak peminat, seperti Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected. atas dasar itulah Yamaha Grand Filano…

ECSTAR Oil 0W-16 SN Siap Lindungi Komponen Mesin

NERACA Jakarta – Sebagai perusahaan otomotif yang bertanggung jawab dalam menyediakan layanan purna jual yang bertujuan untuk menjaga kualitas produknya,…

BERITA LAINNYA DI Otomotif

Lindungi UKM Industri Otomotif

NERACA Jakarta – Sebagai upaya melindungi UKM (Usaha Kecil Menengah) industri otomotif khususnya produsen knalpot, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM)…

Warna Baru Filano Hybrid-Connected Lebih Berkelas

NERACA Jakarta – Produk CLASSY Yamaha terus memiliki banyak peminat, seperti Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected. atas dasar itulah Yamaha Grand Filano…

ECSTAR Oil 0W-16 SN Siap Lindungi Komponen Mesin

NERACA Jakarta – Sebagai perusahaan otomotif yang bertanggung jawab dalam menyediakan layanan purna jual yang bertujuan untuk menjaga kualitas produknya,…