Pendidikan Finansial Tingkat SD - Bekal Pendidikan Finansial Melalui Pertunjukan Teater

Pendidikan finansial perlu diberikan sedini mungkin guna membangun generasi muda yang sadar keuangan, sehingga mereka dapat lebih selektif dan cermat dalam melakukan pengaturan finansial dalam menyongsong masa depan. Terkait dengan hal tersebut, belum lama ini Citi Indonesia melalui Citi Peka (PEduli dan berKArya),  unit di dalam Citibank Indonesia yang bertujuan mengelola kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR), memberikan pendidikan finansial kepada siswa Sekolah Dasar.

Dengan menghadirkan “Petualangan Agen Penny”, Citi menyajikan pendidikan finansial sejak dini kepada murid Sekolah Dasar melalui kerjasama dengan Yayasan Mitra Mandiri Indonesia dan Teater Koma ke SDN Palmerah 17 Pagi, Jakarta.

Executive Director dari Yayasan Mitra Mandiri Indonesia (YMMI) yang memiliki visi untuk meningkatkan kualitas hidup seluruh masyarakat Indonesia, Gino Latief Sn menuturkan pendidikan finansial masih belum menjadi bagian dari kurikulum di Sekolah Dasar, padahal pembekalan pemahaman finansial sejak dini akan sangat bermanfaat di masa depan.

“Oleh karena itu, kami bersama Citi Indonesia dan Teater Koma menyusun dan menjalankan program pertunjukan teater Petualangan Agen Penny yang memberikan pemahaman keuangan dengan cara yang menghibur, seru dan interaktif,” ujar dia.

Uniknya program ini dikemas dalam bentuk pertunjukan teater yang menghibur, seru dan interaktif. Hal ini ditujukan agar konsep penting dalam mengelola keuangan yang terkesan sulit untuk difahami ini bisa dimengerti dan diterima dengan mudah oleh siswa-siswa Sekolah Dasar. Hal ini diungkapkan oleh Pendiri Teater Koma, Ratna Riantiarno.

Menurut dia, mengelola keuangan merupakan konsep yang penting, namun seringkali sulit untuk dipahami. Oleh karena itu, bersama Citibank, Teater Koma berupaya menyederhanakan materi pendidikan finansial melalui pertunjukan teater yang dapat diserap oleh murid-murid Sekolah Dasar.

Di samping menghadirkan 61 pertunjukan teater Petualangan Agen Penny selama tahun 2013 di Sekolah Dasar di wilayah Jakarta, Citi Indonesia melalui Citi Peka juga mendonasikan empat unit laptop kepada Sekolah Dasar yang membutuhkan. Masing-masing satu unit laptop diberikan kepada SDN Palmerah 17 Pagi, SDN Pademangan Barat 09 Pagi, SDN Pegangsaan II 04 Petang dan SDN Kebon Manggis 14 Pagi. Donasi laptop ini merupakan wujud kepedulian Citibank terhadap pendidikan di Indonesia serta bentuk partisipasi Citibank sebagai salah satu agen penjual Sukuk Negara Ritel Seri 005 yang mengedepankan tema peduli pendidikan anak bangsa.

“Komitmen Citi adalah untuk terus mendukung perkembangan dan pertumbuhan Indonesia, salah satunya melalui pelaksanaan berbagai program pendidikan finansial kepada seluruh lapisan masyarakat. Hingga tahun 2013, Citi Indonesia telah menyediakan dana sebesar USD765,000 (sekitar Rp7,4 milyar) untuk pelaksanaan program Petualangan Agen Penny bersama dengan YMMI,” ujar Director, Head of Corporate Affairs, Citi Indonesia, Agung Laksamana.

Di awal tahun 2013, Citi Indonesia melalui Citi Peka menandatangani kesepakatan kerjasama CSR senilai USD860,000 (sekitar Rp8,3 milyar) dengan tujuh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Indonesia. Tujuh LSM tersebut adalah Yayasan Ladang Media, Lembaga Management Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita, Plan International (dan Prestasi Junior Indonesia), Habitat for Humanity of Indonesia, UKM Center – FEUI, dan YMMI (dan Teater Koma).

BERITA TERKAIT

Peduli Lingkungan - SML Resmikan SVM, Penukar Sampah Botol Plastik

Wujudkan komitmen bisnis berkelanjutan dan ramah lingkungan, Sinar Mas Land (SML) melalui Living Lab Ventures (LLV) menggandeng Plasticpay, sebuah startup…

Semarak Halal bil Halal - FIFGroup Berbagi Kebahaagiaan Bersama 35 Panti Asuhan

Setelah perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah, penting untuk tetap menghidupkan semangat kebaikan dan saling berbagi kepada sesama. Dalam…

Gen-Z dan Milenial Pilar Penentu Pengelolaan Hutan Lestari

Generasi muda yang masuk dalam kelompok umur Gen-Z dan Milenial dinilai memiliki kreativitas dan penuh dengan gagasan inovatif serta mampu…

BERITA LAINNYA DI CSR

Peduli Lingkungan - SML Resmikan SVM, Penukar Sampah Botol Plastik

Wujudkan komitmen bisnis berkelanjutan dan ramah lingkungan, Sinar Mas Land (SML) melalui Living Lab Ventures (LLV) menggandeng Plasticpay, sebuah startup…

Semarak Halal bil Halal - FIFGroup Berbagi Kebahaagiaan Bersama 35 Panti Asuhan

Setelah perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah, penting untuk tetap menghidupkan semangat kebaikan dan saling berbagi kepada sesama. Dalam…

Gen-Z dan Milenial Pilar Penentu Pengelolaan Hutan Lestari

Generasi muda yang masuk dalam kelompok umur Gen-Z dan Milenial dinilai memiliki kreativitas dan penuh dengan gagasan inovatif serta mampu…