Bekal Pendidikan Finansial Melalui Pertunjukan Teater - Pendidikan Finansial Tingkat SD

Pendidikan finansial perlu diberikan sedini mungkin guna membangun generasi muda yang sadar keuangan, sehingga mereka dapat lebih selektif dan cermat dalam melakukan pengaturan finansial dalam menyongsong masa depan. Terkait dengan hal tersebut, belum lama ini Citi Indonesia melalui Citi Peka (PEduli dan berKArya), unit di dalam Citibank Indonesia yang bertujuan mengelola kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR), memberikan pendidikan finansial kepada siswa Sekolah Dasar.

Dengan menghadirkan “Petualangan Agen Penny”, Citi menyajikan pendidikan finansial sejak dini kepada murid Sekolah Dasar melalui kerjasama dengan Yayasan Mitra Mandiri Indonesia dan Teater Komake SDN Palmerah 17 Pagi, Jakarta.

Executive Director dari Yayasan Mitra Mandiri Indonesia (YMMI) yang memiliki visi untuk meningkatkan kualitas hidup seluruh masyarakat Indonesia, Gino Latief Sn menuturkan pendidikan finansial masih belum menjadi bagian dari kurikulum di Sekolah Dasar, padahal pembekalan pemahaman finansial sejak dini akan sangat bermanfaat di masa depan.

“Oleh karena itu, kami bersama Citi Indonesia dan Teater Koma menyusun dan menjalankan program pertunjukan teater Petualangan Agen Penny yang memberikan pemahaman keuangan dengan cara yang menghibur, seru dan interaktif,” ujar dia.

Uniknya program ini dikemas dalam bentuk pertunjukan teater yang menghibur, seru dan interaktif. Hal ini ditujukan agar konsep penting dalam mengelola keuangan yang terkesan sulit untuk difahami ini bisa dimengerti dan diterima dengan mudah oleh siswa-siswa Sekolah Dasar. Hal ini diungkapkan oleh Pendiri Teater Koma, Ratna Riantiarno.

Menurut dia, mengelola keuangan merupakan konsep yang penting, namun seringkali sulit untuk dipahami. Oleh karena itu, bersama Citibank, Teater Koma berupaya menyederhanakan materi pendidikan finansial melalui pertunjukan teater yang dapat diserap oleh murid-murid Sekolah Dasar.

Di samping menghadirkan 61 pertunjukan teater Petualangan Agen Penny selama tahun 2013 di Sekolah Dasar di wilayah Jakarta, Citi Indonesia melalui Citi Peka juga mendonasikan empat unit laptop kepada Sekolah Dasar yang membutuhkan. Masing-masing satu unit laptop diberikan kepada SDN Palmerah 17 Pagi, SDN Pademangan Barat 09 Pagi, SDN Pegangsaan II 04 Petang dan SDN Kebon Manggis 14 Pagi. Donasi laptop ini merupakan wujud kepedulian Citibank terhadap pendidikan di Indonesia serta bentuk partisipasi Citibank sebagai salah satu agen penjual Sukuk Negara Ritel Seri 005 yang mengedepankan tema peduli pendidikan anak bangsa.

“Komitmen Citi adalah untuk terus mendukung perkembangan dan pertumbuhan Indonesia, salah satunya melalui pelaksanaan berbagai program pendidikan finansial kepada seluruh lapisan masyarakat. Hingga tahun 2013, Citi Indonesia telah menyediakan dana sebesar USD765,000 (sekitar Rp7,4 milyar) untuk pelaksanaan program Petualangan Agen Penny bersama dengan YMMI,” ujar Director, Head of Corporate Affairs, Citi Indonesia, Agung Laksamana.

Di awal tahun 2013, Citi Indonesia melalui Citi Peka menandatangani kesepakatan kerjasama CSR senilai USD860,000 (sekitar Rp8,3 milyar) dengan tujuh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Indonesia. Tujuh LSM tersebut adalah Yayasan Ladang Media, Lembaga Management Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita, Plan International (dan Prestasi Junior Indonesia), Habitat for Humanity of Indonesia, UKM Center – FEUI, dan YMMI (dan Teater Koma).

BERITA TERKAIT

SHARP Ajarkan Siswa SD Buat Lubang Biopori - Kenalkan Pendidikan Lingkungan

Antusiasme SHARP Greenerator – komunitas peduli lingkungan yang diusung PT SHARP Electronics Indonesia – dalam menciptakan Bogor yang bersih dan…

Pemkab Lebak Kendalikan Kemiskinan Melalui Infrastruktur

Pemkab Lebak Kendalikan Kemiskinan Melalui Infrastruktur NERACA Lebak - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak, Provinsi Banten mengendalikan kemiskinan melalui pembangunan infrastruktur…

Tingkat Kepatuhan Pejabat Negara Hanya 52%

Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) secara nasional untuk tingkat eksekutif kepatuhannya 53%, yudikatif 41%, MPR 50%, DPR 12,95%, DPD…

BERITA LAINNYA DI CSR

Bergabung Bersama MERA - Investasi APP Lindungi Kelestarian Ekosistem Pesisir

Menjaga keberlanjutan alam demi warisan anak cucu kedepan, komitman Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas terhadap kelestarian lingkungan kembali…

Lewat Komunitas Peduli Sampah - Tekad Ratu Sampah Wujudkan Perubahan Nyata

Bergelut dengan sampah apalagi bagi seorang wanita, merupakan kegiatan yang selalu dihindari karena selain jorok dan juga menimbulkan penyakit. Namun…

Kenalkan Pendidikan Lingkungan - SHARP Ajarkan Siswa SD Buat Lubang Biopori

Antusiasme SHARP Greenerator – komunitas peduli lingkungan yang diusung PT SHARP Electronics Indonesia – dalam menciptakan Bogor yang bersih dan…