Persaingan Smartwatch Kian Panas

Jam tangan kini bertambah satu fungsi, yaitu sebagai sebuah alat komunikasi. Akibatnya, kini beberapa pabrikan besar elektronik telah berlomba-lomba untuk menciptakan jam yang memiliki fungsi yang cukup luar biasa atau biasa disebut smartwatch.

NERACA

Smartwatch sendiri adalah sebuah jam tangan yang bisa terhubung dengan smartphone kita, dengan kata lain, smartwatch berfungsi layaknya sebuah smartphone tapi berbentuk kecil selayaknya jam tangan. Lewat smartwacth ini kita bisa melakukan banyak aktivitas, seperti melihat email kita, membuka twitter atau facebook, melihat foto bahkan sampai mengirim sms dan menelpon. Beberapa pabrikan elektronik memang telah berlomba-lomba menciptakan smartwatch, dimulai dari LG, Samsung, Apple dan perusahaan lainnya telah dikabarkan akan menyusul Sony yang sudah terlebih dahulu.

Jam tangan pintar atau smartwatch ini diprediksi akan menjadi produk besar berikutnya yang akan meramaikan tahun 2013 ini. Hal tersebut terungkap dari hasil analisis yang dilakukan oleh lembaga survei pasar ABI Research dan dikutip oleh situsPhone Arena. Lembaga tersebut memprediksi, produk jam tangan pintar akan laku keras di tahun 2013 ini. Total, akan ada 1,2 juta perangkat jam tangan pintar yang terjual pada tahun 2013. Beberapa alasan yang membuat produk macam ini laku di pasaran. Salah satunya adalah tingginya penetrasi dari perangkatsmartphonedi pasaran dunia.

Meski begitu, ABI Research membagi klasifikasi jam tangan pintar menjadi 4 tipe, yaitu tipe notifikasi, voice operational,hybrid, danindependent. Kebanyakan perangkat jam tangan pintar yang ada saat ini memang bisa dihubungkan ke perangkatsmartphonemelalui koneksi Bluetooth. Saat dihubungkan, smartphone dapat mengirimkan pesan SMS,e-mail, dan juga panggilan suara langsung ke perangkat jam tangan pintar. Pada jam tangan pintar yang memiliki tipe notifikasi ini, jam hanya mampu menampilkan pesan di jam tangan pintar pada saat smartphonepengguna menerima panggilan masuk, pesan teks, atau notifikasi lainnya.

Sedangkan pada jam tangan pintar tipe voice operationalmengizinkan penggunanya untuk mengoperasikan produk jam tangan pintar hanya dengan menggunakan suara. Tipe jam tangan pintar independen merupakan produk yang dikembangkan dengan sistem operasi khusus, tidak menggunakan sistem operasi yang digunakan di perangkatmobile. Kabarnya, Apple dan Google sedang mengembangkan jam tangan model ini.

Beberapa produk jam tangan pintar yang sudah laku keras adalah smartwatch buatan Sony. SmartWatch bikinanSonyini hadir dengan sistem operasi Android Honeycomb, yang didukung layar multi-touch OLED 1.3 inci. Uniknya, jam pintar ini menyematkan fasilitas canggih dimana memungkinkan pengguna mengakses fungsi telepon seperti panggilan (dial), pesan, musik serta aplikasi jejaring sosial (Twitter dan Facebook) lewat display miliknya.

Gadget menarik ini bisa digunakan di pergelangan tangan layaknya jam tangan pada umumnya. Atau bisa pula tali jam-nya dilepas, untuk kemudian dijepitkan di tempat lain seperti baju atau tas. Asyiknya lagi perangkat ini didisain untuk tahan percikan dan debu/pasir. Prinsip kerja SmartWatch ini sederhana, yang mana perangkat akan ngobrol dengan ponselAndroidlewat konektivitas Bluetooth 3.0 yang telah dibenamkan kedalamnya. Bahkan, ternyata tak sebatas smartphone Android kreasiSony yang bisa berpasangan dengan SmartWatch ini, melainkan juga ponsel-ponsel Android lain.

Tidak mau ketinggalan, beberapa pabrikan pun ikut menciptakan smartwatch, Pebble E-Paper Watch diluncurkan tahun lalu dan menarik banyak perhatian. Ini proyek yang didanai secara massal yang mencapai lebih dari US$10 juta. Jam Pebble dijual dengan harga $100. Jika dihubungkan dengan smartphone, Pebble bisa menunjukkan telepon yang masuk, email, SMS, pesan di Facebook dan Twitter, laporan cuaca dan juga memiliki jam weker. Jam tangan pintar ini juga dapat mengontrol playlist musik dalam smartphone pengguna melalui berbagai aplikasi seperti iTunes dan Google Music.

Related posts