PNPM Perkotaan Salah Satu Program Pengentasan Kemiskinan

PNPM perkotaan merupakan salah satu program pemerintah sebagai upaya mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat . Tahun ini, Kec. Cipanas-Cianjur, sedianya akan menerima kucuran dana PNPM Mandiri Perkotaan sebesar Rp 1,8 miliar. Dana itu untuk tujuh desa masing-masing Desa Cipanas, Cimacan, Ciloto, Batulawang, Palasari, Sindangjaya dan Desa Sindanglaya.

Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Kec. Cipanas Kab. Cainjur, Maman Suherman, membenarkan masuknya program tersebut. Sehingga untuk merealisasikan amanah pembangunan melalui PNPM perkotaan harus dilaksanakan beberapa tahapan.

Tahapan itu kata dia, rembuk desa, tinjauan partisipasi, refleksi kemiskinan, pemetaan sosial dan pembentukan BKM di masing-masing desa. “Di Cipanas bahkan telah dibentuk koprasi serba usaha pemberdayaan masyarakat kecamatan Cipanas (KSUPMKC ),” ujar dia.

Pada pertemuan KSUPMKC yang dihadiri 26 relawan dari 300 relawan yang ada, Badan Keswadayan Masyarakat (BKM) dari tiap desa ke depannya, di harapkan bisa terus bertambah. Maman optimis koperasi ini akan berjalan baik, karena mempunyai rencana kerja sama dengan berbagai pihak.

Related posts