CIMB Niaga Luncurkan “Komunitas CIMB Niaga Peduli”

NERACA

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk meluncurkan Komunitas CIMB Niaga Peduli, yaitu media yang dibentuk CIMB Niaga untuk menghimpun dan mengundang stakeholders untuk terlibat aktif dalam kegiatan-kegiatan tanggung jawab sosial (Social Responsibility) yang diselenggarakan CIMB Niaga. Mengambil momen hari Bumi yang jatuh pada 22 April 2013 lalu sebagai aktivitas perdananya, Komunitas CIMB Niaga Peduli menyelenggarakan Kampanye Peduli Lingkungan yang ditandai dengan Kegiatan Tanam Pohon Bersama yang diselenggarakan di Pesanggrahan, Sangga Buana, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

D James Rompas, Wakil Presiden Direktur CIMB Niaga mengungkapkan, CIMB Niaga telah menyelenggarakan sejumlah program ke masyarakat, sebagai bagian dari tanggung jawab sosialnya (SR). Guna lebih meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam program-program tersebut, perlunya suatu media yang bisa dimanfaatkan stakeholders yang memiliki empati dan jiwa sosial untuk berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan SR CIMB Niaga.

“Dengan lebih melibatkan masyarakat, program-program SR yang dilaksanakan CIMB Niaga dapat lebih menyentuh ke masyarakat yang membutuhkan. Kehadiran Komunitas CIMB Niaga Peduli ini juga dapat memberikan nilai tambah dan manfaat kepada masyarakat penerima bantuan,” kata James di Jakarta, pekan lalu. Komunitas CIMB Niaga Peduli ini selanjutnya akan menjadi penggerak berbagai program CIMB Niaga Peduli yang diiimplementasikan melalui empat pilar, yaitu Pendidikan, Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat, Lingkungan, dan Filantropi.

Dalam melaksanakan program-program SR-nya, lanjut James, CIMB Niaga selalu mengajak sejumlah pihak, baik dari pemerintah, akademisi, lembaga sosial masyarakat, hingga masyarakat langsung. Kegiatan Tanam Pohon Bersama yang dilaksanakan bersama Yayasan Keanekaramagan Hayati (KEHATI) kali ini melibatkan komunitas pencinta dan pemerhati lingkungan, sekaligus penggerak masyarakat Pesanggrahan, Chaerudin atau Mang Idin.

Mang Idin dikenal berhasil menggerakkan masyarakat Pesanggrahan, dalam mengubah tumpukan sampah di sekitar sungai Pesanggrahan dan mengubahnya menjadi hutan kota dengan beragam jenis tanaman. Dalam kegiatan CIMB Niaga Peduli Lingkungan ini CIMB Niaga bekerjasama dengan Yayasan KEHATI untuk pelestarian lingkungan di daerah Jawa yaitu di Pesanggrahan Sangga Buana dan Taman Kehati di wilayah Sumatera dengan nilai program senilai total Rp500 juta. Selama kampanye peduli lingkungan, disamping kegiatan penanaman pohon, CIMB Niaga juga menyelenggarakan lomba foto bertema lingkungan hidup dari tanggal 22 April hingga 30 Mei 2013. Adapun pemenangnya akan diumumkan tanggal 5 Juni 2013, bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup.

Mengajak masyarakat peduli

Kampanye CIMB Niaga Peduli Lingkungan juga mengajak masyarakat, khususnya nasabah, untuk lebih peduli kepada lingkungan. Untuk setiap pembukaan Rekening Tabungan Junior ataupun TabunganKu, CIMB Niaga akan mendonasikan satu bibit pohon. “Melalui skema ini, diharapkan dapat meningkatkan kepedulian masyarakat, khususnya nasabah CIMB Niaga, terhadap lingkungan,” kata James. CIMB Niaga telah menyediakan rekening CIMB Niaga Peduli Lingkungan dengan nomor 064-01-64351-00-4. Melalui rekening ini, CIMB Niaga mengajak masyarakat untuk bisa berkontribusi terhadap lingkungan hidup, dengan mendonasikan dananya ke rekening tersebut.

Peluncuran Komunitas CIMB Niaga Peduli dibarengi dengan penyampaian Akuntabilitas Program Community Link tahun 2010 – 2012, dengan dana CIMB Foundation sebesar Rp3.000.464.320 atau ekuivalen RM1.071.594. Community Link program merupakan wujud tanggung jawab sosial CIMB Niaga dan CIMB Group dengan melalui kegiatan pengembangan dan pemberdayaan masyarakat di sekitar lokasi kantor-kantor cabang CIMB Niaga di Indonesia. Beragam program maupun kegiatan SR CIMB Niaga ini, menurut James, menjadi wujud komitmen CIMB Niaga, untuk tetap konsisten dalam menjalankan program-program SR ke masyarakat. “Hal ini menjadi ungkapan terima kasih CIMB Niaga kepada masyarakat, karena apa yang CIMB Niaga capai sekarang ini tak bisa lepas dari dukungan masyarakat,” tutup James. [rin]

Related posts