BPSK Terus Lakukan Sosialisasi di Masyarakat - Kota Sukabumi

Sukabumi - Selama Maret 2013 sudah enam kasus yang ditangani badan penyelesaian sengketa konsumen (BPSK) Kota Sukabumi, dan sepanjang tahun 2012 16 kasus. Rata-rata permasalahan yang ditangani yaitu masalah leasing dengan perbankan. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Koperasi perindustrian dan perdaganagan (diskoperindag) Kota Sukabumi Dudi F Jawad yang didampingi Ketua BPSK Kota Sukabumi Euis Suhartinidan, dan anggota BPSK lainnya usai memperingati Hari Konsumen di halaman parkir Pemkot Sukabumi, Rabu (17/4).

Dikatakan Dudi, munculnya berbagai permasalahan sengketa antara konsumen dengan pihak produsen, lebih disebabkan kesalahpahaman komunikasi akibat minimnya informasi dan perjanjian yang tidak jelas. “Padahal, ketika kedua belah pihak membuat perjanjian harus jelas isi dan tulisannya sehingga bisa diperhatikan serta dicermati pihak konsumen,” ujarnya.

Oleh karenanya, lanjut Dudi, pemerintah mengeluarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang pembentukan BPSK yang bertujuan untuk melindungi hak konsumen ketika ada persoalan atau permasalahan dengan pihak produsen terkait jasa atau produknya.

Sementara itu Ketua BPSK Kota Sukabumi Euis Suhartini menjelaskan, dalam menyelesaikan masalah konsumen yang dirugikan para pelaku usaha, BPSK menanganinya dengan cara musyawarah baik dengan konsiliasi ataupun mediasi tanpa harus ke pengadilan. “Jadi bagi konsumen yang merasa dirugikan cukup lapor ke BPSK, mengisi formulir yang sudah disediakan tanpa dikenakan biaya”, kata dia.

Menurutnya, ketika BPSK menangani permasalahan sengketa antara konsumen dan produsen bisa saja muncul keputusan ganti rugi ataupun administrasi ketika konsumen merasa dirugikan. Bahkan selama tahun 2012 sudah ada beberapa kasus masalah sengketa konsumen yang diproses ke tingkat Mahkamah Agung (MA).

Ke depan, kata dia, pihak BPSK akan melakukan sosialisasi kepada warga di tujuh kecamatan se-Kota Sukabumi terkait dengan keberadaan lembaga BPSK, agar masyarakat lebih tahu dan paham mengenai proses penanganan masalah sengketa konsumen. ”Memang, saat ini sebagian masyarakat masih belum tahu apa itu BPSK, namun untuk itu saya menghimbau kepada seluruh konsumen yang merasa dirugikan pelaku usaha bisa mengadu ke BPSK”, tegas dia.

BERITA TERKAIT

Hasto: Struktur Partai dan Caleg Terus Lakukan Kerja Teritorial

Hasto: Struktur Partai dan Caleg Terus Lakukan Kerja Teritorial NERACA Jakarta - Beberapa jam menjelang debat ketiga Pilpres, Partai Demokrasi…

Lewat Program Kampung Bersahaja - Zurich Indonesia Cipatakan Masyarakat Tangguh

Sebagai bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan dalam pemberdayaan masyarakat, perusahaan asuransi Zurich Indonesia meluncurkan program “Kampung Zurich Bersahaja”, sebuah…

BTN Syariah Roadshow KPR Hits di Sejumlah Kota Besar

Genjot pertumbuhan KPR di tahun politik, PT PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk melalui anak usahanya, BTN Syariah menggelar roadshow…

BERITA LAINNYA DI EKONOMI DAERAH

Generasi Milenial Jadi Inisiator Berkembangnya Ekonomi Kreatif

Generasi Milenial Jadi Inisiator Berkembangnya Ekonomi Kreatif NERACA Palu - Kementerian Koperasi dan UKM mendorong pembangunan perekonomian nasional berbasis ekonomi…

HUT ke 37, Wom Finance Ajak Anak Berkebutuhan Khusus Nonton Bareng

HUT ke 37, Wom Finance Ajak Anak Berkebutuhan Khusus Nonton Bareng NERACA Jakarta – Menyambut hari ulang tahun ke 37,…

Walikota Sukabumi Jadi Wali Kota Terbaik Versi Seven Media Asia

Walikota Sukabumi Jadi Wali Kota Terbaik Versi Seven Media Asia NERACA Sukabumi - Walikota Sukabumi Achmad Fahmi mendapatkan penghargaan Best…