Meniptakan Kamar Mandi Sehat

Kebersihan memang sangat berkaitan dengan kesehatan. Namun kadangkal tidak banyak yang menyadari itu. Dalam sebuah hunian misalnya, menjaga kebersihankamar mandi atau biasa kita sebut WC misalnya, sangatlah penting dijaga kebersihannya.

Ya, kamar mandi memiliki fungsi sangat penting bagi kesehatan dan juga kebersihan tubuh kita. Karena itu kebersihannya haruslah sangat terjaga, jangan sampai tempat yang seharusnya untuk membersihkan diri kita, malah akan mendatangkan kita penyakit. Berikut adalah tips untuk membersihkan WC kita.

Larutan pembersih sangatlah banyak mengandung bahan kimia, ebagian orang menghindari pembersih WC karena takut mengganggu kesehatan. Agar WC terlihat lebih putih tanpa menggunakan obat pembersih WC yang tidak jarang merupakan larutan berbahaya, kita bisa mencoba membuat bahan pembersih sendiri, campurkan secangkir cuka dan satu sendok makan baking soda dan siramkan ke seluruh permukaan WC. Setelah didiamkan selama 30 menit, gosok dengan sikat. Maka WC akan terlihat putih seketika.

Jika WC kinclong yang Anda inginkan, kita bisa berikan perasan jeruk nipis atau jeruk lemon, lalu siramkan kepermukaan WC. Setelah itu, gosok permukaan WC yang ternoda dengan larutan yang tadi kita buat. Selain kinclong, WC pun akan menjadi segar dengan aroma jeruk. Agar sudut-sudut kamar mandi bebas dari tumpukan jamur, semprotkan cuka ke daerah sudut yang berjamur dan biarkan mengering. Tanpa harus menyikatnya, Anda hanya perlu mengusapnya dengan lap lembap.

Untuk menghilangkan noda karat di keran, cukup menggunakan pasta gigi, lalu gosok di daerah yang berkarat. Jika cermin di kamar mandi mulai tampak memiliki noda, gosok menggunakan lap yang sudah dibaluri krim pencukur. Dalam sekejap, noda pun akan hilang. Jika tidak ada krim pencukur, koran lembap dan lap kering juga bisa sangat berguna.

Kamar mandi memang dipakai untuk membersihkan diri, tapi tidak berarti harus basah sepanjang hari. Jika kamar mandi dibiarkan basah dalam waktu lama bisa menyebabkan bau tidak sedap. Maka dari itu, buka jendela serta pintu kamar mandi setelah digunakan agar kamar mandi tidak lembab dan pengap.

Related posts