Hyundai Motor Tingkatkan Taraf Hidup Kaum Muda - Dirikan Pusat Pelatihan

Sebagai negara ke empat terbesar di dunia, Indonesia memiliki jumlah populasi generasi muda lebih dari 38 juta jiwa. Namun ketika kaum muda di banyak negara di rentang usia 15 - 24 tahun sudah dapat memberikan kontribusi besar pada perkembangan perkekonomian negaranya, kaum muda Indonesia masih saja belum bisa mengembangkan potensi diri secara maksimal.

Sulitnya mengembangkan potensi diri secara maksimal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti terhambatnya sekolah lantaran biaya yang tinggi, sulitnya mencari pekerjaan, maupun membuka usaha sendiri. Tak hanya itu, dengan kondisi dimana Indonesia menempatkan sektor otomotif sebagai 5 besar prioritas fokus industri, pendidikan formal ‘high vocational school’ di negara kedua terbesar ASEAN untuk industri otomotif ini tidak banyak tersedia.

Ya, ketersediaan pendidikan formal \"high vocational school\" di Jakarta yang mempunyai auto mechanic program sangat minim. Apalagi ditambah kenyataan bahwa mendirikan sekolah seperti ini membutuhkan investasi yang sangat besar. Berangkat dari hal tersebut, melalui salah satu program CSRnya, Hyundai Motor Company mendirikan Pusat Pelatihan dan Pendidikan Kejuruan (Vocational Education and Training Center) yang khusus diperuntukkan untuk kaum muda.

Bekerja sama dengan KOICA, program ini menyasar generasi muda berusia 18 - 24 tahun yang berdomisili di Jakarta yang menginginkan pendidikan kejuruan di bidang otomotif untuk mempersiapkan diri mereka mendapatkan taraf hidup yang lebih baik. Hyundai-KOICA Dream Center - Indonesia adalah proyek CSR untuk kaum muda kedua setelah Ghana di South Africa, dengan skema yang sama.

\"Hyundai Motor Company tidak hanya fokus untuk menjual kendaraan Hyundai saja, tetapi juga concern kepada perkembangan dan kebutuhan edukasi kaum muda dan peningkatan keahlian mereka dalam bidang industri otomotif, sehingga mereka dapat memberikan kontribusi untuk dirinya dan juga untuk lingkungannya,\" ujar Director, Marketing Team, Hyundai Motor Company, Jinyoung Park.

Dalam program ini Jakarta terpilih sebagai tempat lokasi Hyundai-KOICA Dream Center. Ini dikarenakan lebih dari 50% dari total 8 juta orang yang tidak mempunyai pekerjaan, adalah kaum muda, dan 3.5 juta kaum muda bertempat tinggal di Jakarta dan provinsi dekat kota Jakarta seperti Banten.

Selain itu total kendaraan di Jakarta telah mencapai 11 juta unit (8 juta kendaraan roda dua dan 3 juta adalah kendaraan roda 4 - passenger cars). Angka tersebut menggambarkan 15,7% dari total kendaraan di Indonesia.

Corporate Communication Pt Hyundai Mobil indionesia, Febri Astuti memaparkan bahwa untuk mengikuti proses pelatihan dan pendidikan di fasiltas tersebut, hanya akan dibebani dengan biaya administrasi pendaftaran antara Rp200-250 ribu untuk setahun.

\"Bagi yang benar-benar tidak mampu, kami akan membebaskan biaya pelatihan selama peserta bisa menunjukkan keseriusan untuk bisa mengikuti program pendidikan dan pelatihan ini,\" jelasnya.

Related posts