Lima Makanan yang Membuat Tulang Keropos

Umumnya orang dewasa memerlukan 1.000 miligram nutrisi penting dalam sehari. Namun jika ada makanan yang bisa memperkuat tulang, tentu ada pula makanan yang bisa membuat tulang keropos. Makanan apa saja?

Joan A. McGowan, Ph.D selaku Direktur divisi NIH mengatakan, penyakit otot keseimbangan makanan adalah hal yang terutama. Hal ini berarti juga untuk menghindari beberapa makanan yang Anda konsumsi. Tidak semua makanan harus dihindari, tetapi untuk Anda yang memiliki riwayat osteoporosis sebaiknya jangan kebanyakan mengonsumsi nutrisi ini.

Kafein

Minum kopi merupakan salah satu kebiasaan orang Indonesia ketika pagi atau siang hari. Hal ini ternyata dapat mengganggu penyerapan kalsium. Efeknya relatif kecil jika diet Anda kaya akan kalsium. Sebaiknya, pertimbangkan jumlah kafein yang Anda konsumsi.\"Kalsium akan ditarik ke dalam urine bila asupan kafein tinggi,\" jelas Joan.

Soda

Selain kopi, ternyata beberapa minuman ringan bersoda pun memiliki kandungan kafein. Jika dikonsumsi secara berlebihan, fosfor, dalam bentuk penyedap agen asam fosfat banyak terkandung di cola, inilah yang mengganggu penyerapan kalsium.

Garam

Semakin banyak garam yang kita konsumsi, semakin banyak kalsium yang terlarut dalam urine dan keringat. Sementara diet dengan kalsium yang cukup dapat membuat untuk asupan natrium moderat, banyak dari kita mengkonsumsi lebih banyak garam daripada yang kita ketahui. Usahakan untuk menjaga 2.300 miligram sodium per hari (dan bahkan lebih sedikit untuk populasi tertentu) seperti ynag dianjurkan dalam Dietary Guidelines for Americans.

Alkohol Terlalu Banyak

Meminum minuman beralkohol akan berdampak baik jika dikonsumsi sesuai aturan. Satu gelas sehari dan dua gelas untuk pria akan memberikan perlindungan yang baik bagi tulang. Tapi ini bukan berarti menjadi alasan bagi Anda untuk menjadi peminum. Terlalu banyak alkohol juga dapat menyebabkan hilangnya kalsium pada tulang.

Protein

Jumlah yang tepat dalam mengonsumsi protein penting untuk membangun tulang yang sehat dan kuat. Wanita membutuhkan sekitar 46 gram protein sehari dan pria membutuhkan sekitar 56. Jika terlalu banyak maka dapat mengubah pH tubuh kita.

Related posts