Hadirkan Keindahan Alam Liar Kalimantan - Taman Nasional Tanjung Puting

Rutinitas sehari-hari masyarakat perkotaan seperti Jakarta pasti sangat membosankan dan menjenuhkan. Kemacetan seolah menjadi teman setia, sehingga membuat Anda membutuhkan liburan. Bagi Anda menjelejah hutan, rasanya Taman Nasional Tanjung Puting dapat menjadi pilihannya.

Taman yang berukuran seluas pulau Bali, adalah rumah bagi kehidupan liar yang menakjubkan termasuk orang utan yang terkenal di dunia. Taman ini juga rumah bagi monyet-monyet, burung dan hewan liar lainnya, belum lagi tanaman asli hutan itu sendiri. Hutan ini merupakan harta karun yang terkenal di dunia yang menarik perhatian sejumlah pengunjung dari berbagai dunia.

Tanjung Puting berada di Kalimantan Tengah. Kawasan itu awalnya dinyatakan sebagai cagar alam di tahun 1935 dan menjadi taman nasional pada tahun 1982. Taman ini berada di semenanajung luar laut Jawa. Dari ukuran taman mengartikan bahwa hutan ini memiliki zona habitat yang beragam. Keragaman ini mengartikan taman adalah rumah bagi sejumlah besar makhluk hidup, baik flora dan fauna.

Lingkungan hutan yang menakjubkan membuat tempat luar biasa ini harus dikunjungi jika anda penyuka petualangan di alam terbuka. Hutan ini merupakan sumber air yang jernih, sejernih langit malam dan juga rumah bagi makhluk hutan yaitu orang utan.

Orangutan tidak diragukan lagi menjadi penghuni yang paling di kenal di hutan. Terkenal melalui penelitian orangutan dan program konservasi di pusat penelitian Camp Leakey.Camp Leakeyadalah tempat penangkaran Orangutan dan lokasi studi berkelanjutan terpanjang dari setiap binatang liar dalam sejarah ilmu pengetahuan. Dengan sekitar tiga perempat populasi orang utan di dunia yang hidup di Kalimantan, taman ini adalah tempat yang ideal untuk melihat orang utan yang luar biasa ini di alam liar.

Karena tanaman di Tanjung Puting menunjang populasi hewan yang banyak, taman ini menjadi salah satu tempat terpenting di Asia Tenggara untuk pelestarian hewan primata, burung, reptil dan ikan. Untuk menjelajahi hutan satu-satunya cara yang paling efektif adalah dengan berjalan kaki. kunjungan ke Tanjung Puting merupakan perjalanan alam luar yang menyenangkan dan menantang. ketika Anda berjalan melalui pohon-pohon rindang, Anda sebaiknya teliti agar Anda tidak kehilangan kesempatan menyaksikan orangutan, monyet, babi huta dan rusa liar yang berjalan-jalan menikmati kebebasan mereka.

Mencari dan menyaksikan sendiri kehidupan liar yang masih alami termasuk kehidupan burung yang mempesona yang mugkin akan sulit Anda temui di tempat lain. kegiatan ini akan menjadi oleh-oleh yang patut Anda ceritakan kepada keluarga dan rekan-rekan Anda. Penjelajahan dengan berjalan kaki dapat di sesuaikan dengan tingkat kebugaraan fisik Anda, jadi sangat disarankan agar Anda berdiskusi sebelum Anda beragkat. Ketika Anda tinggal di sungai, kapal tradisional yang disebut Klotoks akan mengantar Anda berkeliling.

Related posts