Panasonic Bidik Konsumen Kelas Menengah

NERACA

Jakarta - Setelah sekian lama menjangkau kelas atas dengan berbagai macam produk, kini Panasonic menyatakan dirinya untuk juga ikut serta menjangkau kelas menengah dengan varian produk terbarunya yaitu Kulkas Alowa+ dan TV Viera. Tak ketinggalan, Panasonic juga memperkenalkan AC Econavi.

\"Indonesia merupakan salah satu pasar penting Panasonic. Kami berharap penerapan strategi bisnis tersebut akan terus meningkatkan penjualan kami di tahun 2013 hingga 20%,” ungkap Vice President Panasonic Gobel Indonesia Rinaldi Sjarif di Jakarta, akhir pekan kemarin.

Ia menjelaskan bahwa pihaknya akan kembali memproduksi televisi dengan tipe 22 dan 29 inci, yang ditujukan bagi para konsumen di kelas menengah. “Panasonic kembali masuk untuk memproduksi TV berukuran kecil karena berharap dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat kelas menengah untuk menikmati produk Panasonic,” ujarnya.

Pada tahun 2012 lalu, pertumbuhan penjualan Panasonic tumbuh sebesar 17% berada dibawah pertumbuhan elektronik Indonesia yang mencapai 18%. Rinaldi menuturkan, “Pertumbuhan Panasonic yang dibawah pertumbuhan elektronik Indonesia itu disebabkan karena Panasonic pada tahun lalu tidak memproduksi TV berukuran kecil. Tahun 2012 lalu Panasonic hanya memproduksi TV mulai dari 42 inci ke atas, sehingga membuat pertumbuhan penjualan kami berada dibawah pertumbuhan elektronik nasional,” tuturnya.

Untuk TV berukuran 22 dan 29 inci Panasonic hanya menargetkan untuk dapat masuk dalam urutan lima besar di pasar TV Indonesia. Dalam kesempatan ini Panasonic juga memperkenalkan Smart TV Viera yang merupakan salah satu produk andalan Panasonic tahun ini. Smart TV Viera akan mulai tersedia di Indonesia di akhir Mei mendatang.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, bahwa tahun ini Panasonic mengandalkan penjualan kepada lima pilar, yaitu AC, kulkas, TV, mesin cuci, dan perlengkapan dapur. Kelima pilar tesebut diharapkan dapat menyumbang penjualan sekitar 85% dari seluruh produk Panasonic.

Namun, Panasonic tahun ini akan lebih berfokus kepada beberapa produk unggulannya, seperti AC Econavi untuk kelas premium, Kulkas Alowa+ untuk kelas menengah, dan TV Viera untuk kelas premium dan menengah.

Dengan fokus penjualan tersebut, Panasonic berharap dapat memperluas cakupan penjualan tidak hanya kepada kelas premium tetapi juga ke kelas menengah untuk memberikan pilihan yang lebih luas kepada konsumen. Ia juga berharap dengan semakin beragamnya produk-produk yang ditawarkan oleh Panasonic, dapat membantu meningkatkan pertumbuhan penjualan Panasonic di tahun 2013 yang ditargetkan dapat meningkat sebesar 20%.

Tidak hanya menjangkau kelas menengah saja, Panasocic juga akan memperluas produksinya dengan membangun dua cabang baru pada semester pertama tahun ini. Dua lokasi cabangnya yaitu terletak di Yogyakarta dan Bandung, Jawa Barat. \"Tahun ini kami akan tambah cabang baru dan karyawan. Jadi kita tidak ada efisiensi, cuma kita lebih melihat kepada rasionalisasi cost saja. Kita ada tim yang menentukan cost produksi seperti bahan-bahannya dari mana, apakah akan impor atau memproduksi dalam negeri,\" ujarnya.

Incar Jabar

Menurutnya, pembangunan cabang di Bandung dan Yogyakarta dipicu oleh pertumbuhan penduduk di daerah tersebut. Pembangunan cabang di Bandung akan dilakukan untuk mengincar 45 juta penduduk di Jawa Barat. Sementara itu, di Yogyakarta terdapat 350.000 pendatang di kota tersebut, yang di antaranya sekitar 40.000 berasal dari Jakarta. \"Kedua kota tersebut menjadi pasar potensial dan kami mengincar pasar yang sedang tumbuh ini di sana,\" jelasnya.

Dia juga menambahkan, dengan penambahan cabang baru ini maka jumlah cabang Panasonic Gobel Indonesia akan mencapai 16 cabang di seluruh Indonesia pada tahun ini. Selain itu, Panasonic juga telah menunjuk Presiden Direktur yang baru. Adalah Hiroyoshi Suga yang kini dipercaya menjadi nahkoda Panasonic. Pergantian di pucuk pimpinan perusahaan ini diyakini sebagai strategi meningkatkan bisnis. Sekaligus memperluas pasar menengah dan premium melalui produk-produk elektroniknya.

Sebelum duduk sebagai presiden direktur, Suga merupakan Managing Director Asia Pacific. Sosok Suga dipilih karena dipandang mengerti kedinamisan pasar Asia dan siap mengaplikasikan strategi penjualan yang telah berhasil diterapkan di beberapa negara yang keadaan pasarnya mirip dengan Indonesia, seperti Thailand.

Selain itu, Suga memiliki pengalaman internasional lebih dari 29 tahun dengan bekerja di Panasonic Amerika, Jepang, China dan Singapura. Suga menuturkan, perusahaan akan fokus mengembangkan dan memasarkan produk unggulannya. Semisal AC Econavi untuk kelas premium, kulkas Alowa+ untuk kelas menengah dan TV Viera untuk kelas premium dan menengah.

Related posts