Tambah Toko, Electronic City Gelar IPO - Bidik Dana Rp 1 Triliun

NERACA

Jakarta – Perusahaan distribusi elektronik, komputer dan seluler, Metrodata Electronics Tbk (MTDL) bakal kedatangan pesaingnya di bisnis yang sama yaitu PT Electronic City. Pasalnya, perusahaan yang bergerak di industri ritel modern elektronik ini berencana melantai di pasar modal melalui skema penawaran saham perdana.

Direktur PT Danareksa Investment Management, Iman Hilmansyah mengatakan, PT Electronic City akan melakukan penawaran saham perdana atau IPO pada akhir semester pertama tahun ini, “Untuk aksi korporasi ini, perseroan telah menunjuk Danareksa sebagai penjamin pelaksana emisi,”katanya di Jakarta akhir pekan kemarin.

Dia menuturkan, rencananya perseroan akan melepas sekitar 25% dengan perolehan dana bisa melebihi dari Rp1 triliun. Nantinya, perolehan dana IPO akan digunakan untuk ekspansi usaha menambah jumlah toko dari total saat ini yang sudah berjumlah 23 toko.

PT Electronic City menunjuk Danareksa Investment Management dan Credit Suisse AG sebagai pelaksana penjamin emisi. Sebagai salah satu syarat IPO, Electronic City menggunakan buku laporan keuangan tahun 2012.

Sementara Direktur Penilaian Perusahaan BEI, Hoesen menilai penawaran umum saham perdana tahun ini masih lebih baik jika dibandingkan di 2012. BEI masih optimis perusahaan yang melakukan IPO tahun ini akan meningkat dibandingkan tahun lalu.

Dia menambahkan, pihaknya masih optimis target IPO sebanyak 30 perusahaan akan tercapai. Sampai dengan saat ini baru tujuh perusahaan yang telah mencatatkan sahamnya di BEI di 2013.\"Di 2012, sampai dengan pertengahan tahun (Juni) sudah ada 13 perusahaan yang IPO dan sampai dengan akhir tahun tercapai 23 emiten,\"ujarnya.

Dalam pipeline BEI tercatat sebanyak 18 perusahaan telah melakukan paparan mini IPO. Salah satu perusahaan yang akan melakukan IPO datang dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni PT Semen Baturaja. (bani)

Related posts