Refinancing, PTPN X Terbitkan Obligasi

PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X kembali memastikan rencana penerbitan surat utang atau obligasi senilai Rp700 miliar pada akhir kuartal II 2013, setelah melakukan mini eksposes kepada PT Bursa Efek Indonesia (BEI) akhir pekan kemarin.

Direktur Keuangan PTPN X, Dolly P Pulungan mengatakan, pihaknya akan menggunakan laporan keuangan 2012 untuk menerbitkan obligasi yang nantinya bisa menopang usaha tiga pabrik gula di Sulawesi Selatan, “Dana obligasi yang jelas untuk \'refinancing\' modal kerja dan membeli sejumlah mesin untuk keperluan pabrik,\" katanya di Jakarta akhir pekan kemarin.

Dalam penerbitan obligasi itu, PTPN X telah menunjuk PT Bahana Sekuritas dan PT AAA Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi (underwriter). Saat ini PTPN X bersama penjamin emisi tengah melakukan pembahasan terkait jumlah kupon yang akan ditawarkan.

Soal bunga atau kupon masih dibicarakan oleh \'underwriter dan surat utang yang akan diterbitkan PTPN X memiliki jangka waktu (tenor) antara lima hingga tujuh tahun. Terkait kinerja, tahun 2013 PTPN X telah menganggarkan dana sebesar Rp1,05 triliun untuk modal kerja antara lain untuk pembelian lebih kurang 20 unit mesin.

PTPN X menargetkan perolehan pendapatan di 2013 sebesar Rp2,7 triliun atau naik sekitar Rp500 miliar, begitu pula dengan target perolehan laba bersih yang melebihi angka Rp500 miliar. (bani)

Related posts