Berikan Efek Visual dan Estetika Sebuah Hunian - Keindahan Interior Kaca

Begitu banyak selesa dan keinginan seseorang untuk memiliki rumah yang diinginkan, namun rumah dengan adanya interior kaca membuat rumah menjadi lebih memberikan efek visual dan juga fungsi estetik untuk mempercantik ruangan.

NERACA

Merancang rumah adalah sesuatu yang dipertimbangkan yang sangat matang. Merancang rumah untuk sebagian orang gampang-gampang susah karena membangun rumah yang tidak sesuai inginan membuat orang tidak merasa puas untuk beristirahat. Banyak cara dilakukan untuk memperindah rumah seperti pemakai kaca untuk menganti dinding batu bata.

Sejak dahulu kaca sudah sering digunakan sebagai salah satu komponen pelengkap bangunan baik itu rumah hunian atau bangunan publik. Kaca sendiri sebenarnya merupakan bahan non organik, hasil pencampuran beberapa macam bahan yang didinginkan hingga fasanya jadi padat. Salah satu jenis bahan utama untuk membuatnya adalah pasir silika.

Aplikasi kaca pada bangunan yang paling sering dilakukan adalah element jendela dan pintu, kaca mirror yang diletakan dalam ruang atau interior, partisi dan lain-lain. Penggunaan kaca pada bangunan ini bisa memberi beberapa keuntungan antara lain yaitu jika ada kotoran yang melekat bisa dibersihkan dengan mudah. Selain itu jika konsep aplikasinya dilakukan dengan cara yang benar, kaca bisa membuat tampilan ruang dan bangunan menjadi lebih indah dan mewah.

Bukan hanya itu saja, kaca juga punya umur pemakaian yang sangat lama bahkan bisa mencapai ratusan tahun. Bagi mereka yang ingin melakukan penghematan dalam penggunaan energi listrik terutama untuk konsep penerangan dan pencahayaan, kaca dapat menjadi bahan andalan utama. Dan yang lebih menarik lagi, kaca punya sifat anti abrasi. Jadi meski terkena cairan atau air yang mengandung garam, asam atau bahan kimia lainnya kaca tidak bisa mengalami perubahan baik itu bentuk, ukuran maupun warnanya.

Kaca sendri terbagi menjadi beberapa jenis yang semuanya dapat diaplikasikan pada bangunan. Misalnya kaca bening atau float glass dan sering juga disebut dengan nama kaca murni. Sifatnya sangat bening dan transparan. Jika ingin membuat suhu ruang menjadi lebih hangat kaca jenis ini bisa digunakan pada jendela, pintu atau dipasang pada atap genteng. Sinar matahari yang masuk tidak akan terhalang sama sekali. Selain itu kaca ini juga bisa digunakan untuk membuat hiasan kaca gravir, ukir dan sebagainya.

Jenis Kaca Yang Digunakan

Memang tidak mungkin sebuah rumah berdiri tanpa adanya kaca dalam pembangunannya, mungkin memang ada tetapi tentu sangatlah jarang dan susah untuk kita temui. Fungsi dari kaca dalam bangunan sendiri yaitu memberikan efek visual dan juga fungsi estetik untuk mempercantik ruangan anda.

Tetapi dari penggunaan elemen kaca dalam membangun rumah perlu pertimbangan yang tepat karena jika salah akan banyak kerugian juga untuk anda. Sebelum masuk lebih dalam anda harus mengetahui dahulu beberapa jenis kaca yang sering digunakan dalam bangunan rumah minimalis modern.

Seperti, kaca forming, pengertian kaca forming adalah kaca yang dicetak dan dilebur atau dicetak kemudian dibentuk sesuai model yang diinginkan. Kaca Es, pengertian kaca es adalah jenis kaca berwarna buram dan semi tembus pandang umumnya berwarna netral dan putih. tetapi ada juga yang berwarna warni. Kaca raindown, pengertian kaca raindown adalah satu jenis kaca es tetapi memiliki motif yang berbeda yaitu menyerupai aliran air. Kaca Melton, pengertian kaca melton adalah berasal dari kata melt on, yaitu kaca yang diperoleh dari proses pencetakan. Permukaannya sendiri memiliki banyak tekstur yang kadang mirip dengan ukiran.

Sedangkan kaca Sandblasting adalah kaca yang berfungsi untuk membatasi secara visual dengan bagian buramnya membentuk motif tertentu, efek transparansi visual yang diperoleh adalah dari tengah-tengah kaca bening dan kaca es. Kaca patri (stainless glass), pengertian kaca patri adalah bidang kaca yang diperoleh dengan manggabungkan beberapa bidang kaca motif yang berwarna dengan timah dan kuningan.

Ada juga jenis kaca rayband, pengertian kaca rayband adalah kaca yang digunakan untuk membatasi pandangan dari salah satu arah serta mngurangi efek sinar matahari yang masuk. Kaca Bevel, pengertian bevel adalah potongan miring pada pinggiran kaca, bagian miring ini akan menjadi prisma yang nantinya akan memantulkan cahaya yang indah. Kaca Inlay, pengertian kaca inlay adalah kaca dekoratif yang diperoleh dengan cara menyisipkan beberapa potongan kaca yang berbeda. Moons glass/fusion glass, pengertian dari moon glass/fusion glass adalah kaca yang diperoleh dari beberapa kaca yang ditumpuk/disambung lalu dipanaskan.

Related posts