Keluarga Indonesia Menjadi Inspirasi Suzuki Ertiga - Bersaing Ketat di Segmen Low MPV

NERACA

Jakarta – Kehadiran Suzuki Ertiga di pasar otomotif nasiobal membawa berkah bagi PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sebagai agen penjual Suzuki dalam mendongkrak penjualan sepanjang tahun 2012. Pasalnya. Kehadiran Ertiga sebagai kendaraan keluarga atau Low Multi Purpose Vehicle (MPV) dengan performance setara sedan telah melebihi ekspektasi keluarga Indonesia akan sebuah kendaraan keluarga yang aman, nyaman, bertenaga, irit dan modern.

Kejelian Suzuki Indomobil membaca peluang pasar kendaraan Low MPV di Indonesia dengan meluncurkan Suzuki Ertiga, membuahkan hasil karena permintaan Ertiga terus meningkat tiap bulannya dan bahkan Suzuki harus meningkatkan kapasitas produksinya dari sebelumnya hanya mampu memproduksi 5000 unit.

Marketing & Dealer Development Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Endro Nugroho mengatakan, besarnya antusias masyarakat untuk membeli Ertiga telah mendongkrak penjualan Suzuki Indomobil, “Hadirnya Ertiga membuat orang yang sebelumnya belum begitu mengenal Suzuki, semakin kenal dengan unit lain seperti APV, Swift dan produk lainnya. Kami bersyukur, Ertiga ini dianggap fenomena otomotif nasional,”katanya.

Asal tahu saja, penjualan Suzuki di Tahun 2012 Naik 33.8%. Pencapaian penjualan kendaraan roda empat Suzuki selama tahun 2012 mengalami peningkatan dengan total penjualan periode Januari hingga Desember 2012 (whole sales) sebesar 126.577 unit atau 11,3%, dibandingkan total penjualan tahun 2011 yang mencetak angka 94.569 unit atau 10,6%.

Oktober 2012, penjualan Suzuki berhasil menembus angka tertinggi sebesar 15.655 unit yang membuat posisi Suzuki melesat ke peringkat dua secara nasional sekaligus pencapaian tertinggi sepanjang sejarah Suzuki berdiri di Indonesia, “Kenaikan penjualan Suzuki di tahun 2012, karena kontribusi penjualan ERTIGA sebagai model baru yang kehadirannya disambut sangat baik oleh pasar Indonesia, “ujar Endro.

Menyadari ketatnya persaingan kendaraan Low MPV, Suzuki Ertiga terus melakukan berbagai inovasi dan mengisi kekurangan dari rival kuatnya di segmen ini yaitu, Avanza-Xenia melalui pemasaran yang lebih gencar di berbagai event atau media hingga memecahkan rekor MURI dengan konvoi Suzuki Ertiga terpanjang.

Selain itu, mensiasati persaingan di segmen ini, Ertiga berani menawarkan harga yang lebih kompetitif tanpa melupakan akan kenyamanan dan keamanan dalam mengemudi. Artinya, harga murah tapi bukan murahan.

Menjadi Bagian Keluarga

Keluarga penting artinya bagi masyarakat Indonesia dan hal tersebut menjadi inspirasi Ertiga untuk menghadirkan kendaraan keluarga yang aman dan nyaman, namun tetap bertenaga serta dinamis.

Sales Director PT Suzuki Indomobil Sales, Davi J. Tuilan menuturkan, Ertiga ditujukan bagi keluarga muda yang sedang menuju ke puncak sukses dalam karirnya, “Untuk membedakan Suzuki Ertiga dengan pesaingnya, maka Suzuki Ertiga diposisikan sebagai mobil keluarga yang stylish, nyaman dan mewah setara sedan dengan harga yang lebih terjangkau,”tuturnya.

Menurutnya, Ertiga adalah low MPV dengan kemewahan, kenyamanan dan performa setara sedan. Karena itu, dirinya menyakini, Ertiga akan mendapatkan tempat di hati masyarakat Indonesia yang tidak punya pilihan lain yang lebih baik di kelas low MPV ini.

Chief Desainer Vehicle Line II Suzuki Motor Corporation (SMC) Hisanori Matsushima mengatakan, komposisi style dinamis Suzuki Ertiga menunjukkan kendaraan ini adalah kendaraan penumpang. \"Ertiga dapat mewujudkan kebutuhan akan kendaraan serba guna yang bisa memuat banyak penumpang dengan desain ruangan yang sangat lega, mewah dan canggih,\"tandasnya.

Keunggulan Performance

Konstruksi yang kuat mengekspresikan keamanan bagi penumpangnya. Melongok ruang interior Ertiga, hadir dengan pengaturan seat arrangement atau pengaturan kursi yang sangat efisien, sehingga memudahkan proses melipat kursi untuk baris kedua dan ketiga. Pada, kursi baris kedua selain bisa di geser maju dan mundur sejauh 240 mm juga terdapat sandaran lengan. Fitur tersebut tidak dimiliki pesaingnya misal Avanza atau Xenia.

Selain itu, didukung performa NVH (Noise, Vibration, Harshness). Artinya, Ertiga telah dilengkapi dengan perlengkapan anti-bising yang telah lulus uji kebisingan dengan cara mengidentifikasi sumber dan tingkat kebisingan dari luar kendaraan seperti suara roda, suara angin dan lain-lain dimana tes ini dilakukan dengan menggunakan berbagai macam sensor mikrofon.

Ertiga juga sudah dilengkapi dengan perlengkapan anti-getar yang sudah lulus uji dengan cara mengukur getaran dan tingkat guncangan ban dan mesin pada saat dikendarai di berbagai kondisi jalan sehingga tercipta ruang kabin Ertiga yang nyaman dan senyap.

Soal konsumsi bahan bakar, Ertiga bisa diadu iritnya dengan MPV lain kendatipun menggunakan mesin yang besar. Ertiga menggunakan mesin berbahan bakar bensin berkapasitas 1.4L tipe K yang ringan dan kompak. Mesin berkapasitas 1400 cc, DOHC, Multi Point Injection (MPI), VVT (Variable Valve Timing) berfungsi untuk mengontrol Valve Timing secara optimal serta mengurangi gesekan (friction), sehingga dapat meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar.

Related posts