Arena Selancar Pavorit di Pantai Selatan - Wisata Pantai Cimaja

Berwisata ke Jawa Barat pastinya tidak lengkap bila tidak mengunjungi tempat bermain ombak ini di Pantai Selatan. Panorama pantai yang indah dan ombak yang besar membuat pantai ini menjadi tempat favorit bagi para peselancar. Banyak parasurfermancanegara yang datang ke Pantai ini. Di pantai ini juga sering diadakanevent surfingtingkat nasional dan profesional.

Kontur pantai yang berbeda dengan pantai pada umumnya, menjadikan Pantai Cimaja sebagai objek wisata pantai sangat menarik untuk dikunjungi. Di sepanjang pantai berhiaskan bebatuan kali yang berbentuk bulat. Jarak tempuh dari Jakarta ke Cimaja sekitar 120 kilometer dan dari Bandung mencapai 203 kilometer. Hampir setiap akhir pekan, antara Jumat hingga Minggu kawasan pantai ini selalu dipenuhi oleh peselancar dari luar negeri maupun nasional.

Tidak hanya masyarakat sekitar atau atlet asal Jakarta dan Bandung, tetapi juga ekspatriat yang bekerja di sejumlah kota besar di tanah air dan yang langsung datang dari luar negeri menjajal gelombang Cimaja ini. Hal ini pula yang menjadikan Cimaja mengantongi predikat Bali-nya Sukabumi. Di setiap hotel berbintang tempat Anda menginap, kemungkinan besar Anda akan menemukan toko-toko suvenir yang menjual kerajinan kerang, karang, kaos dan lain-lain. Ada juga PKL yang menjual suvenir di sepanjang pesisir pantai.

Beberapa ratus meter ke arah barat, di seberang pantai, Anda bisa menuju Karang Papak. Restoran berlimpah di sini dan makanan laut merupakan andalan di setiap restauran. Banyak penjaja di Palabuhanratu, karena lokasinya yang dekat pantai, jangan lewatkan untuk mencoba ikan bola. Bersantai dengan menyaksikan matahari tenggelam dan pemandangan yang menakjubkan. Belajar berselancar. Berkunjung ke kamar Nyai Roro di Samudra Beach Hotel, Kamar 308. Berkunjung ke Cipanas sekitar 9 km dari Pelabuhanratu.

Desa Cimaja dan sekitarnya mudah dicapai dari Jakarta sekitar dua setengah jam dengan mobil, dengan mengambil jalan menuju Bogor, kemudian menuju Sukabumi dan Palabuhanratu. Setelah tiba di desa nelayan Cimaja, lanjutkan perjalanan melalui sawah. Setelah belok kiri di persimpangan Jl Siliwangi, yang merupakan jalan menuju kota, ada beberapa losmen murah di sisi kanan jalan, seperti Laut Kidul dan Karang Naya. Kebanyakan hotel di Palabuhanratu akan menaikan harga pada akhir pekan dan hari libur.

Sebaiknya selalu waspadalah terhadap arus yang kuat sepanjang bentangan garis pantai ini. Bebatuan pantai di sini juga sangat licin jadi berhati-hatilah. Jika Anda seorang pemula, tersedia kursus berselancar di Cimja dengan pengajar yang berpengalaman. Musim kemarau adalah yang terbaik kira-kira dari bulan April sampai Oktober. Dilarang mengenakan pakaian warna hijau, karena wasyarakat sekitar masih meyakini roh Ratu Pantai Selatan.

Related posts