BNI Taplus Muda Ditargetkan Tumbuh 35% - Di 2013

NERACA

Jakarta – PT Bank Negara Indonesia Tbk menerangkan bahwa produk tabungan yang diluncurkannya sejak enam bulan lalu yaitu BNI Taplus Muda telah mampu meraih 100 ribu rekening sampai Desember 2012. Bahkan, BNI juga sangat yakin jika pertumbuhannya hingga akhir tahun 2013 ini akan mencapai 35% karena ditunjang beberapa program sebagai pemikat anak muda.

Executive Vice President Customer Management & Marketing BNI, Purnomo B. Soetiadi, menjelaskan hasil riset yang pihaknya telah lakukan, ditemukan hasil bahwa anak muda mampu menabung dengan jumlah saldo yang cukup besar bila dibandingkan dengan orang dewasa pada umumnya. Khususnya pada kasus BNI Taplus Muda, bahwa sejak diluncurkannya, ternyata nasabahnya yang mayoritas adalah anak muda mampu menabung lebih tinggi dibandingkan nasabah BNI Taplus pada umumnya.

“Ini memang Taplus untuk anak muda, yaitu yang usianya di bawah 25 tahun. Ternyata (hasilnya) bagus. Pada Desember 2012 saja sudah 100 ribu rekening. Rekening saldonya per orangnya juga sangat tinggi bila dibandingkan tabungan biasa. Saldonya per orang itu rata-rata Rp1.500.000. Padahal, kita baru launching itu enam bulan lalu”, terangnya, ketika ditemui di Jakarta, Jumat (5/4).

Purnomo kembali mengungkapkan berdasarkan hasil riset BNI ditemukan bahwa saat ini ada dua komunitas pada diri anak muda. Pertama, anak muda yang menyenangi sepak bola, dan kedua, anak muda yang kreatif. Dari anak muda kreatif ini ditemukan hasil juga bahwa mereka mampu menyimpan saldo tabungan dalam jumlah besar.

Nah, untuk lebih menyalurkan lagi ekspresi dan bakat para anak muda kreatif tersebut, BNI juga mengadakan BNI Creativepreneur Competition yang menghimpun 1.093 ide-ide bisnis kreatif dari para peserta muda. Memang ide-ide yang dituangkan dalam proposal bisnis tersebut disampaikan oleh anak-anak muda dari seluruh pelosok Indonesia yang berusia 15-25 tahun.

Direktur Utama BNI, Gatot M. Soewondo, menuturkan bahwa penyelenggaraan kegiatan tersebut berkaitan dengan peluncuran produk tabungan khusus untuk segmen muda, yaitu BNI Taplus Muda. Untuk membedakan positioning BNI Taplus Muda dengan tabungan anak muda lain yang sejenis, produk ini diposisikan sebagai tabungan bagi generasi muda yang punya pemikiran hidup yang cukup matang, serta sudah memiliki tujuan masa depan mereka.

“Mereka adalah pribadi yang independen. Hal ini yang memicu ide creativepreneurship, “ tuturnya, ketika ditemui pada kesempatan yang sama.

BNI Creativepreneur sendiri merupakan ajang kompetisi proposal bisnis bagi kalangan muda yang memiliki kreativitas tinggi dan berbagai ide cemerlang yang selanjutnya dapat diwujudkan menjadi suatu bisnis komersial. Hal ini juga sejalan dengan tiga nilai dari BNI Taplus Muda, yakni Berani, Nyata, Inovatif.

Dari 1.093 peserta yang mengirim dan mendaftarkan ide bisnis kreatifnya di ajang kompetisi ini, ucap Gatot, telah dipilih 20 finalis melalui proses seleksi ketat. Selanjutnya, ke-20 finalis ini melewati tahap seleksi lanjutan, yaitu menjalani masa karantina dan penjurian di Jakarta, mulai 1 sampai 5 April 2013.

Selama masa karantina, para finalis tersebut diberikan pembekalan-pembekalan dari para pakar dibidang creativepreneur seperti Yoris Sebastian, Billy Boen, dan Leonard Theosabrata.

“BNI Creativepreneur akan menjadi salah satu event tahunan dimana BNI berharap akan menghasilkan para creativepreneur muda yang akan mewarnai dan mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif Indonesia, serta bisa menjadi sumber inspirasi bagi anak-anak muda Indonesia untuk menjadi independen dan menunjukkan karya mereka secara berani, nyata, dan inovatif,” tutupnya. [ria]

Related posts