Sehat dengan Konsep Hunian Hijau

Membangun rumah yang hijau dan berwawasan lingkungan menjadi tuntutan dewasa ini. Dengan penerapan konsep ini, Anda bisa mengurangi pemborosan energi dan berujung pada menghambat efek pemanasan global. Berikut tips membangun rumah hijau.

Pasang pintu kasa nyamuk. Dengan pintu kasa, maka udara dalam sebuah ruangan bisa dengan mudah bertukar dengan udara luar. Udara yang dihirup juga lebih bersih (karena sirkulasi udara lancar) dan juga bisa menghemat pemakaian AC dalam ruangan.

Bersihkan saluran udara di rumah. Bila Anda menggunakan AC secara berkala, usahakan juga sistem udara di situ juga dibersihkan secara berkala. Udara akan lebih mudah mengalir, tidak perlu suhunya didinginkan terus menerus sudah dingin. Menghemat energi dan mengurangi pemakaian freon.

Fungsikan jendela sebagaimana mestinya. Perlu diingat material yang menembus jendela bukan hanya cahaya saja, melainkan udara. Buat ventilasi yang cukup di rumah Anda. Jendela yang dibuka (kecuali rumah Anda di dekat proyek bangunan yang berpasir dan berisik) dapat mengalirkan udara yang bersih dan membuat sirkulasi udara lebih lancar. Rumah lebih adem. Hemat AC juga.

Zaman sekarang sudah banyak perkakas kamar mandi yang menyediakan fasilitas ‘low-flow‘ seperti flush toilet dan shower. Dengan ‘low-flow system‘, pemakaian air bisa dihemat. Tidak perlu membuang air berliter-liter hanya untuk menyiram air seni Anda.

Related posts