free hit counter

Perkembangan Ekonomi Syariah Indonesia

Sabtu, 06/04/2013

Belakangan ini, perkembangan ekonomi syariah Indonesia cukup cemerlang. Buktinya, saat ini semakin menjamur bank dan lembaga keuangan lain yang berbasis syariah. Dimulai sejak awal 2000-an, industri perbankan syariah terus berkembang, dan perkembangan pun tak main-main. Terus menunjukkan grafik peningkatan yang luar biasa.

Apalagi, beberapa waktu lalu terjadi krisis ekonomi di Amerika. Karenanya, hal itu berdampak pada perekonomian dunia. Positifnya, itu justru semakin membuat ekonomi syariah naik daun. Ya, ekonomi syariah digadang-gadang bakal menjadi sistem ekonomi yang tidak akan terpengaruh krisis yang terjadi di belahan dunia mana pun. Tak hanya itu, ekonomi syariah juga anggap sebagai solusi penyelesaian permasalahan ekonomi.

Berdasarkan ajaran Islam, ekonomi merupakan salah satu hal yang dibahas dan mempunyai aturan. Nah, inti dari sistem ekonomi syariah itu adalah perekonomian yang dilakukan berdasarkan prinsip hukum Islam dan mengharamkan adanya sistem riba, sebagaimana banyak terjadi pada sistem perekonomian konvensional.

Tak heran, jika itu semua mengakibatkan ekonomi syariah mulai banyak dilirik masyarakat Indonesia. Alasannya, karena sistem perekonomian ini dianggap menguntungkan dan memberikan keadilan bagi semua pihak. Maklum saja, karena dalam sistem ekonomi konvensional pemilik modal tentu akan lebih dominan mendapatkan keuntungan, namun dengan sistem ekonomi syariah semua pihak akan merasakan keuntungan bersama.

Berkembang ekonomi syariah di Indonesia juga didasari karena kondisi negara Indonesia itu sendiri. Pasalnya, masyoritas penduduk Indonesia beragama Islam, Indonesia juga merupakan negara muslim terbesar di dunia.Next