Tinjauan Tengah Tahun Kesehatan Finansial

Oleh: Lanny Hendra

General Manager Wealth Management

Standard Chartered Bank Indonesia

Masa liburan sekolah anak-anak kini tiba, menandai telah masuknya paruh pertama tahun 2011. Kini saat yang tepat untuk kita semua meninjau ulang kondisi kesehatan keuangan kita.

Mengapa cek kesehatan finansial diperlukan? Melakukan cek kesehatan finansial sama pentingnya dengan mengunjungi dokter Anda untuk cek kesehatan rutin. Melalui cek kesehatan, Anda akan merasa tenang jika hasilnya positif. Namun seandainya ditemukan hasil yang sebaliknya, maka tengah tahun merupakan saat yang tepat untuk memperbaikinya.

Prinsip serupa juga berlaku saat melakukan cek kesehatan finansial. Melalui pengecekan rutin, Anda akan mengetahui apakah kondisi keuangan baik-baik saja, atau ada yang harus ditingkatkan atau diperhatikan.

Darimana memulainya? Pertama-tama, Anda perlu meluangkan waktu khusus dalam melakukan cek kesehatan finansial. Tergantung dari skala aset dan kewajiban finansial yang Anda miliki, bisa saja Anda juga melibatkan orang lain untuk membantu melakukannya, bahkan ada yang menggunakan jasa akuntan pribadi. Apapun cara yang akan Anda gunakan, adalah lebih baik untuk melakukannya daripada tidak sama sekali.

Jujurlah saat melakukan cek tersebut. Jangan sembunyikan hutang dan berharap kewajiban tersebut bisa hilang seperti disulap. Jangan tunda untuk ditangani nanti-nanti. Dengan menyembunyikan hal-hal seperti itu, justru membuat diri Anda terpapar resiko keuangan yang besar.

Mulailah dengan membuat daftar nilai aset Anda. Dalam hal ini, aset termasuk rumah atau properti, produk keuangan, saham, obligasi, deposito, uang tunai, dsb. Lalu buatlah daftar kewajiban seperti kredit rumah/apartemen, kredit mobil, kartu kredit, dan lain-lainnya. Kurangi nilai aset Anda dengan keseluruhan jumlah kewajiban, maka hasilnya akan memperlihatkan kekayaan bersih (net worth) Anda.

Apa yang perlu saya lakukan selanjutnya? Bila hasil perhitungan net worth Anda positif, maka Anda berada dalam jalur yang tepat dan harus terus menjaganya seperti itu. Anda juga bisa melakukan beberapa penyesuaian untuk mengurangi jumlah hutang Anda. Merevisi jumlah tabungan saat ini merupakan salah satu alternatif yang dapat ditempu. Atau, Anda juga dapat menyesuaikan portofolio investasi Anda, dengan merubah fokus lebih ke produk-produk komoditi. Seluruh opsi ini akan terlihat lebih jelas bila Anda sudah memiliki daftar yang lengkap.

Namun bila net worth Anda negatif, tidak perlu berputus asa. Segeralah buat analisa keuangan agar Anda mengetahui apa saja yang perlu diperbaiki. Bila hutang kartu kredit Anda tinggi, maka cobalah untuk menggunakan tabungan Anda untuk melunasi hutang kartu kredit tersebut lebih cepat. Bila Anda memiliki pinjaman kredit rumah, pertimbangkanlah untuk melunasi sebagian pinjaman tersebut sehingga pinjaman Anda bisa direstruktur dan pelunasanpun menjadi lebih cepat nantinya. Sekali lagi, saat Anda meluangkan waktu melakukan analisa, maka akan terlihat banyak pilihan yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki kondisi keuangan Anda.

Tindakan apa lagi yang perlu dilakukan? Pastikan seluruh dokumen Anda berada dalam kondisi prima. Pisahkan arsip dokumen dalam beberapa bagian, misalnya ada bagian untuk portofolio investasi, dokumen properti, deposito, laporan giro, tabungan, asuransi, dsb.

Tinjau kembali asuransi Anda

Manfaat utama dalam meninjau kembali polis asuransi Anda adalah untuk memastikan Anda memiliki proteksi cukup untuk periode selanjutnya. Dalam beberapa kasus, bisa jadi Anda memiliki terlalu banyak asuransi dan membayar premi terlalu besar, walau mungkin saja itu karena Anda memiliki tambahan anak atau memperoleh kenaikan gaji. Apapun itu, melakukan analisa ulang atas polis asuransi akan membantu memastikan Anda memiliki proteksi yang cukup untuk hal-hal yang penting.

Tinjau kembali tujuan finansial Anda

Adalah penting untuk meninjau kembali tujuan keuangan Anda secara rutin, karena bisa saja ada perubahan situasional. Bisa jadi Anda sedang menunggu kelahiran anak, atau akan berganti pekerjaan. Mungkin ada juga yang berniat berhenti bekerja untuk melanjutkan studi, atau tertarik akan harga murah sebuah properti. Apapun situasinya, hal-hal tersebut bisa berdampak ke tujuan finansial Anda, karena sekarang status finansial Anda akan berubah dengan adanya pembayaran yang harus Anda lakukan untuk hal-hal yang belum direncanakan sebelumnya, sehingga berubah pulalah dinamika dari rencana keuangan Anda.

Waktu yang tepat membuat rencana untuk hal-hal lain

Saat melakukan cek kesehatan finansial, ada baiknya juga membuat perencanaan lebih awal akan keuangan Anda untuk sisa tahun ini. Berapa dana yang dibutuhkan untuk menyambut Hari Raya dan liburan akhir tahun nanti? Merencanakan lebih awal dapat membantu mengetahui apakah rencana tersebut realistis, apakah perlu atau tidak untuk diubah, atau perlu melakukan penyesuaian.

Related posts