BNI Luncurkan Layanan Pembayaran Belanja Online

NERACA

Jakarta - PT Bank Negara Indonesia Tbk meluncurkan layanan pembayaran belanja online bernama BNI e-Commerce Payment Solution yang terdiri dari BNI Debit Online dan DOKU Wallet. \"Kedua fasilitas pembayaran ini akan didukung penuh BNI e-Banking yang terdiri dari BNI ATM, BNI SMS Banking dan berbagai layanan BNI lain seperti BNI Internet Banking yang akan terus dikembangkan untuk kemudahan dan kenyamanan para pelaku e-Commerce dalam melakukan transaksi,\" kata Direktur Konsumer dan Ritel BNI, Darmadi Sutanto, dalam acara peluncuran BNI e-Commerce Payment Solution di Jakarta, Senin (1/4).

Dia menjelaskan, BNI Debit Online merupakan hasil kerja sama antara BNI dengan Mastercard Internasional yang ditujukan kepada nasabah BNI dalam melakukan transaksi online yang didasarkan pada Kartu Debit BNI dengan aman dan mudah. \"BNI Debit Online mampu menyediakan solusi pembayaran bagi nasabah BNI yang merupakan pelaku e-Commerce yang belum atau tidak mempunyai BNI Kartu Kredit, karena sebagian besar transaksi e-Commerce masih menggunakan transfer kartu kredit dan cash on delivery,\" ujar dia.

Darmadi juga mengatakan, pengguna BNI Debit Online harus melakukan permohonan nomor kartu virtual (VCN) melalui BNI SMS Banking. Hal tersebut, menurut dia, membuat BNI Debit Online sangat aman dan mudah digunakan.

\"BNI Debit Online dapat digunakan pada merchant-merchant online domestik dan internasional yang menerima pembayaran melalui jaringan MasterCard Internasional dengan memasukkan nomor kartu virtual sehingga lebih aman karena nasabah tidak harus memasukkan 16 digit nomor kartu debit mereka yang asli,” papar dia.

Sementara itu, lanjut Darmadi, e-Commerce Payment Solution lainnya yakni Doku Wallet merupakan kerja sama BNI dengan PT Nusa Satu Inti Artha (DOKU), yang merupakan dompet virtual dan dapat digunakan baik oleh nasabah BNI maupun non nasabah BNI, untuk melakukan transaksi online. Dia menjelaskan, untuk dapat menggunakan DOKU Wallet, nasabah BNI harus melakukan registrasi melalui BNI SMS Banking atau dengan membuka situs www.dokuwallet.com, bagi pengguna non nasabah BNI.

Pengguna BNI Doku Wallet diharuskan melakukan Top Up terlebih dahulu melalui BNI SMS Banking, BNI ATM dan transfer online dari bank-bank anggota jaringan ATM Bersama dan Link sebelum melakukan transaksi pada merchant online yang menerima pembayaran dengan logo DOKU Wallet yang dapat dilakukan.

Salah satu portal yang saat ini telah menerima pembayaran melalui BNI Debit Online dan Doku Wallet adalah www.blandja.com. Darmadi mengatakan pihaknya bangga dapat meluncurkan dua produk layanan e-Commerce Payment Solution pertama di Indonesia yakni BNI Debit Online dan DOKU Wallet.

\"Kami berharap kedua produk ini dapat lebih meningkatkan layanan BNI kepada para nasabah dalam melakukan transaksi secara online,\" ujarnya. Dia mengatakan hingga saat ini BNI melayani 14,5 juta rekening dengan pemegang BNI Kartu Debit mencapai sekitar 9,1 juta nasabah. Diperkirakan target volume transaksi pada tahun pertama untuk BNI Debit Online dan DOKU Wallet sebesar lima juta dengan total nominal transaksi diperkirakan Rp250 miliar.

CEO DOKU, Thong Sennelius, menambahkan kemitraan dengan BNI melalui DOKU Wallet mengawali langkah pihaknya menggulirkan pembayaran online yang aman dan mudah bagi segmen konsumen Indonesia. Country Manager MasterCard Indonesia, Irni Palar, mengatakan pihaknya bangga dapat bekerjasama dengan BNI, PT Nusa Satu Inti Artha dalam peluncurna sistem Virtual Card Number (VCN) dan www.blandja.com.

\"Kami percaya VCN dari MasterCard akan menambah kenyamanan dan keamanan nasabah BNI saat melakukan transaksi online. Dengan jaringan BNI yang tersebar di seluruh Indonesia dan jaringan MasterCard yang tersebar luas, kami yakin para nasabah BNI akan memperoleh manfaat lebih dari produk ini,\" terang Irni. [ardi]

Related posts