free hit counter

Kementan: Harga Cabai Turun Akhir Maret

Rabu, 27/03/2013

NERACA

Jakarta - Tidak hanya harga bawang putih saja yang mengalami kenaikan, namun kenaikan harga bawang tesrebut juga berefek pada beberapa komoditas strategis lainnya seperti cabai. Kendati demikian, Menteri Pertanian Suswono menjamin kenaikan harga cabai tidak akan berlangsung lama. Pasalnya pada akhir Maret nanti, produksi cabai dalam negeri mampu memenuhi kebutuhan bahkan diperkirakan akan surplus lantaran sudah masuk musim panen.

"Peningkatan harga cabai dimulai pada awal Maret hingga minggu ketiga Maret dikarenakan pada saat ini belum memasuki masa panen. Nantinya harga cabai akan normal seiring dengan berlangsungnya masa panen," kata Suswono dalam Rapat Dengar Pendapat Umum dengan Komisi IV DPR, di Jakarta, Selasa (26/3).

Menurut dia, siklus panen cabai besar akan berlangsung mulai akhir Maret sampai Juni dan berlanjut pada bulan Agustus-September. Sedangkan untuk cabai keriting periode panen akan berlangsung dari April hingga Oktober. "Berdasarkan pola panen tersebut produksi cabai domestik akan mampu memenuhi kebutuhan di dalam negeri dan diperkirakan akan surplus," tutur dia.

Ia juga menggarisbawahi bahwa harga cabai yang meningkat tinggi adalah cabai rawit merah. Cabai jenis ini porsinya relatif kecil atau hanya sekitar 10% dari total volume cabai yang diperdagangkan. Dia mengungkapkan, harga rata-rata per kilogram (kg) cabai sampai pekan ketiga bulan Maret 2013 naik cukup besar. Harga rawit merah misalnya, naik menjadi sebesar Rp 36,371 per kilogram (kg), sedangkan harga cabai rawit hijau naik menjadi Rp 21.874 per kg, cabai merah keriting Rp 24.371 per kg dan cabai merah besar Rp 23.672 per kg.Next