Eximbank Terbitkan Obligasi Rp 5,5 Triliun

Tingkatkan pertumbuhan pembiayaan tahun ini sebesar Rp 36,1 triliun, Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank bakal menerbitkan obligasi sebesar Rp 5,5 triliun tahun ini dengan tenor sekitar 3-5 tahun.

Direktur Pelaksana Eximbank Basuki Setyadjid mengatakan, perseroan akan menerbitkan obligasi sebagai sumber pembiayaan. Rencananya, selain obligasi rupiah, perserian juga akan menerbitkan kredit sindikasi sebesar US$ 700 juta di semester 2 tahun ini, “Untuk kredit sindikasi ini, sudah ada beberapa Bank Jepang dan Eropa yang sudah menyatakan minatnya untuk bekerjasama.,”katanya di Jakarta, Senin (25/3).

Dia menuturkan, sindikasi ada beberapa bank Jepang dan Eropa. Dimana, bank Jepang, di antaranya Mitsubisi, Misuro, Sumitomo. Sementara untuk Eropa, ada Deutsche Bank dengan lamanya sindikasi sekitar 3 tahun.

Dia mengatakan, penerbitan obligasi tersebut untuk mendukung modal kerja dan investasi perusahaan, “Obligasi Rupiah sesuai dengan PUB. Ini yang ketiga dan keempat. Rp 3 trilun pada semester ini, sisanya semester 2 sebesar Rp 2,5 triliun. Underwriter belum ditunjuk tapi sudah ada 8 underwriter yang sudah minat,\"ujarnya.

Di tahun 2012, perseroan mencatat total pembiayaan yang telah disalurkan sebesar Rp 27,05 triliun atau naik 31,71% dari tahun sebelumnya sebesar Rp 20,54 triliun. Besaran angka itu sebesar 51% diberikan untuk porsi pembiayaan rupiah sebesar Rp 13,88 triliun, sementara 49% untuk pembiayaan valas sebesar Rp 13,17%.

Related posts