BJB Incar Dana Pensiunan Rp2 Triliun

NERACA

Jakarta- PT Bank Jawa Barat dan Banten Tbk (BJB) pada tahun ini membidik penyaluran Kredit Purna Bhakti (KPB) yang ditujukan untuk pensiunan pegawai negeri sipil (PNS) hingga Rp2 triliun sepanjang 2013. Salah satu cara mencapai target tersebut, perseroan menggandeng PT Taspen (Persero) untuk mencapai pertumbuhan KPB hingga 233% tahun ini.

\"Kami memiliki potensi besar menyalurkan kredit pensiunan,\" kata Direktur Utama Bank Jabar dan Banten, Bien Subiantoro, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (20/3). Dalam kerja sama ini, perseroan berperan sebagai bank mitra bayar yang menyalurkan pembayaran uang pensiunan kelolaan Taspen.

Pembayaran uang pensiunan ini dilakukan melalui tabungan khusus pensiunan yang dibayarkan secara online di seluruh kantor cabang Bank Jabar dan Banten. Hingga akhir tahun lalu, nilai KPB Bank Jabar dan Banten mencapai Rp600 miliar. Sedangkan jumlah pensiunan yang dibayarkan untuk tahun ini mencapai 34.540 orang.

Bien mengatakan sebanyak 80% dari pensiunan ini bisa menjadi nasabah KPB Bank Jabar dan Banten. Sehingga, mereka potensial juga meningkatkan penyaluran kredit pensiunan perseroan. Bank Jabar dan Banten mulai gencar melakukan ekspansi penyaluran kredit pensiunan sebab risiko kredit bermasalah atau nonperforming loan (NPL) dari kredit tersebut terbilang rendah. [ardi]

Related posts