Pilihan Tepat Wisata Keluarga di Tengah Kota - Menghabiskan Libur Akhir Pekan di Ancol Ocean Ecopark

Sulit mencari tempat rekreasi keluarga untuk liburan akhir pekan dengan suasana alam terbuka?. Mungkin berkunjung ke Ancol Ocean Ecopark menjadi alternatif baru wisata dalam kota Jakarta yang tidak kalah eloknya dibandingkan tempat wisata di luar kota lainnya. Artinya, kalau hanya sekedar menikmati liburan dengan tema alam terbuka tidak perlu harus jauh-jauh pergi keluar kota, tetapi cukup di Ancol Ocean Ecopark juga ada. Bahkan wisata dipinggir laut utara Jakarta ini sangat terjangkau karena ada harga paket yang ditawarkan. 

Ancol Ocean Ecopark memberikan banyak pengalaman dan pembelajaran berharga bagi pengunjung. Pasalnya, wisata yang satu ini tidak hanya memberikan konsep alam terbuka ataugreen lifestyle tetapi juga menjadi sarana pendidikan bagi anak dan keluarga mengenal lingkungan lebih dekat tentang bagaimana cara berkebun yang sehat tidak menggunakan pestisida, belajar pengelolaan kawasan karena ada sistem drainase yang baik hingga bercengkrama dengan binatang.

Disamping itu, kehadiran Ancol Ocean Ecopark juga memberikan akses masyarakat luas untuk menikmati hutan kota yang selama ini sulit ditemukan di Jakarta. Asal tahu saja, saat ini, indeks ruang terbuka hijau (RTH) Jakarta hanya 6 meter persegi per orang. Ini masih jauh dibanding indeks RTH dunia seluas 11-134 meter persegi per orang. Saat ini kota-kota Asia lain, seperti Shanghai,Singapura dan Kuala Lumpur telah mencapai indeks RTH lebih dari 15 meter persegi per orang. Diharapkan dengan kehadiran Ancol Ocean Ecopark bisa menambah RTH di Jakarta disamping hadirnya beberapa taman kota, seperti Taman Menteng, Taman Soeropati atau Taman Monumen Nasional.
Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Budi Karya Sumadi mengatakan, Ancol Ocean Ecopark akan menjadi sebuah social benefit bagi masyarakat karena di dalamnya terdapat sarana rekreasi yang mendidik mengenai flora dan fauna yang selama ini minim ditemukan dalam sebuah kawasan wisata di DKI Jakarta, “Ancol Ocean Ecopark diharapkan menjadi tujuan wisata edukasi yang memberikan banyak pengalaman pembelajaran dengan cara yang menyenangkan mengenal lingkungan,”ujarnya.
Ramah Lingkungan
Didalam Ecopark, pengunjung juga dapat mengenali beragam tanaman yang langka di Indonesia maupun dunia. Karena disana terdapat pohon mahoni, eboni, trembesi, dan pohon lainnya. Bekas lapangan golf seluas 33,6 hektar yang disulap menjadi wisata edukasi keluarga ini memiliki empat tema berbeda, yakni Eco Energy, Eco Care, Eco Nature dan Eco Art.
Disamping itu, Ancol Ecopark juga menawarkan beragam wahana mulai dari Fantastique Show, Outboundholic, sampai Green Mission Paintball. Lalu sekedar berolahraga seru dan menyenangkan dengan segway, golfcar, bersepeda, trikker, sampai naik boat kanal. Selain itu, dikawasan Ecopark juga terdapat sungai-sungai buatan yang membuat suasana makin sejuk. Kawasan ini juga dilengkapi lintasan-lintasan sebagai tempat berjalan maupun jogging track. Makin seru dengan membawa si kecil beraktivitas di learning farm, feeding animal, educamp, dan handcraft. 
Selain itu, Ancol Ocean Ecopark juga mempersembahkan wahana baru yang memadukan kecanggihan teknologi dengan unsur budaya Indonesia. Adalah wahana “Fantastique Multimedia Show” sebuah wahana pertunjukan multimedia show yang menggabungkan beragam teknologi seperti aquascan, water fountain, laser show, animation , dan 3D Mapping, dengan setting background benteng kerajaan.
Kata Budi, dibandingkan dengan show sejenis yang ada di Asia Tenggara, wahana baru ini memiliki keunggulan karena menggunakan teknologi yang lebih beragam. Oleh karena itu, dirinya menyakini wahana ini akan menjadi unggulan atraksi malam (night attraction) di Ocean Ecopark. Tidak hanya itu, isi cerita dari Fantastique Multimedia Show syarat pesan moral melalui cerita rakyat Timun Mas dan Buto Ijo, sebuah legenda Indonesia, “Atraksi malam ini memiliki konsep edutainment dan diharapkan dapaf membangkitkan kembali nilai-nilai luhur dan pesan moral terhadap keluarga Indonesia, khususnya dimulai dari anak-anak,”ujarnya.
Perpaduan Teknologi Canggih
Menurutnya, kemajuan pesat dan kecanggihan ilmu teknologi saat ini akan terasa sia-sia jika tidak diimbangi dengan nilai kearifan lokal masyarakat Indonesia dan Ancol mengakomodir hal tersebut melalui Fantastique Multimedia Show, yang meramu sebuah imajinasi dari kultur Indonesia dengan kecanggihan teknologi masa kini.
Direktur PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Winarto mengatakan, alasan hadirnya Ecopark adalah keinginan mengajak pengunjung yang datang tidak hanya bersenang-senang, tetapi juga belajar tentang lingkungan hidup dan mengenal kearifan lokal yang kini mulai di lupakan oleh masyarakat. \"Kita inginnya orang datang ke Ancol itu punya sesuatu yang didapat yang mengendap dalam hati dan pikirannya yang bisa memberikan penyegaran dalam konteks edukasi,”paparnya.
Alasan lain hadirnya Eopark, mengupayakan Jakarta mempunya satu tempat rekreasi petualangan yang punya misi edukasi didalamnya melalui konsep pengembangan green lifestyle. Karena itu, kata Winarto, dengan adanya Ecopark masyarakat pun semakin banyak yang memanfaatkannya dibanding dijadikan lapangan golf sebelumnya.
Komitmen Ancol menjadi ikon wisata edukasi, mendapatkan dukungan dari pemerintah daerah DKI Jakarta yang disampaikan langsung Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Dimana dirinya menginginkan kawasan Ancol menjadi sebagai pusat pendidikan selain tempat rekreasi wisata keluarga.“Kami ingin Ancol buat suatu program pelatihan sebagai fokus pendidikan,\"ujarnya.
Kedepan Ancol menjadi tempat rekreasi bersifat menghibur, namun mendidik dan menjadi kawasan wisata berbasis edutainment terbesar di Asia Tenggara bisa terealisasi dengan dukungan dari pemerintah akan sarana dan prasanan dan masyarakat luas. (Ahmad Nabhani)

 

BERITA TERKAIT

Liburan ke Jepang Makin Ramai, Howliday Travel Tawarkan Private Trip Eksklusif

  Liburan ke Jepang Makin Ramai, Howliday Tracel Tawarkan Private Trip Eksklusif NERACA  Jakarta - Organisasi Pariwisata Jepang (JNTO) telah…

The Apurva Kempinski Bali Luncurkan Program Powerful Indonesia : Bhinneka Tunggal Ika

  The Apurva Kempinski Bali Luncurkan Program Powerful Indonesia : Bhinneka Tunggal Ika NERACA Jakarta - The Apurva Kempinski Bali…

Hadir di 4 Wilayah, The Pokemon Company Umumkan Proyek Pikachu's Indonesia Journey

  Hadir di 4 Wilayah, The Pokemon Company Umumkan Proyek Pikachu's Indonesia Journey NERACA Jakarta - The Pokémon Company, perusahaan…

BERITA LAINNYA DI Wisata Indonesia

Liburan ke Jepang Makin Ramai, Howliday Travel Tawarkan Private Trip Eksklusif

  Liburan ke Jepang Makin Ramai, Howliday Tracel Tawarkan Private Trip Eksklusif NERACA  Jakarta - Organisasi Pariwisata Jepang (JNTO) telah…

The Apurva Kempinski Bali Luncurkan Program Powerful Indonesia : Bhinneka Tunggal Ika

  The Apurva Kempinski Bali Luncurkan Program Powerful Indonesia : Bhinneka Tunggal Ika NERACA Jakarta - The Apurva Kempinski Bali…

Hadir di 4 Wilayah, The Pokemon Company Umumkan Proyek Pikachu's Indonesia Journey

  Hadir di 4 Wilayah, The Pokemon Company Umumkan Proyek Pikachu's Indonesia Journey NERACA Jakarta - The Pokémon Company, perusahaan…