Microsoft Target Cetak Lebih Banyak Wirausahawan

NERACA

Jakarta - Pabrikan ICT Microsoft menargetkan dapat mencetak lebih banyak wirausahawan di seluruh dunia termasuk Indonesia agar bisa memberikan kesempatan yang lebih besar kepada generasi muda yang ingin menjadi wirausahawan.

\"Kita tahu bahwa Microsoft pada awalnya dirintis oleh wirausawan-wirausahawan sehingga kini berkembang menjadi begitu besar. Kami ingin memberikan kesempatan yang sama kepada generasi muda di seluruh dunia,\" kata Senior Director Citizenship & Public Affairs Microsoft, Akhtar Badshah di Jakarta, Selasa (19/3).

Perusahaan itu memiliki misi untuk membantu masyarakat dan bisnis untuk menerima kehidupan yang lebih baik. Salah satu \"national plan\" yang dikembangkan oleh perusahaan yang dirintis oleh Bill Gates itu di antaranya membantu masyarakat untuk mencapai potensi terbaiknya melalui wirausaha baik wirausaha tradisional maupun digital.

\"Dengan semakin banyaknya wirausaha di seluruh dunia maka perekonomian akan tumbuh, bisnis berkembang, dan Microsoft akan mendapatkan untung. Kami bukan menjual teknologi semata tapi capacity building,\" katanya.

Dengan demikian, untuk mencapai target itu pihaknya membangun kemitraan dengan Pemerintah di berbagai negara, lembaga pendidikan, hingga lembaga swadaya masyarakat. Pihaknya menargetkan mampu mencetak 300 juta wirausaha di seluruh dunia dan hingga September 2012 pihaknya telah menyelesaikan program pelatihan kewirausahaan bagi 66 juta calon wirausaha.

\"Kita tidak secara spesifik mengembangkan program itu di satu negara tapi kita ingin mendorong lebih wirausahawan untuk tampil bersaing secara global, bisa mengakses lembaga keuangan, dan kita bangga bisa membantu mereka,\" papar Akhtar.

Di kesempatan yang sama, Deputi Bidang Sumber Daya UKMK Kementerian Koperasi dan UKM, I Wayan Dipta, mengatakan Indonesia telah berada di jalur yang benar bekerja sama dengan Microsoft dalam mengembangkan wirausahawan. \"Kita bekerja sama dengan Microsoft untuk mengembangkan 120 UKM berbasis ICT di Indonesia,\" jelas Wayan.

Pihaknya menyatakan akan fokus untuk mengembangkan program kewirausahaan di Indonesia untuk mencapai target minimal dua persen jumlah wirausaha dari populasi penduduk. \"Fokus kami mengembangkan wirausaha di bidang ICT, pertanian, agribisnis, industri, manufaktur, dan green product,\" tandasnya. [rin]

Related posts