Kekurangan Air Bukan Penyebab Utama Penyakit Ginjal

Air dan ginjal memiliki hubungan yang sangat erat. Dengan adanya asupan air yang cukup maka akan menghambat infeksi serta batu pada saluran kemih. Tak heran banyak orang yang mengira jarang minum merupakan penyebab sakit ginjal.

Namun anggapan tersebut dibantah oleh dokter spesialis penyakit dalam, dr Tunggul D Situmorang, SP.PD-KGH yang kini menjabat sebagai direktur MRCCC Siloam Hospital. \"Tidak benar jika jarang minum penyebab utama sakit ginjal. Karena gangguan pada ginjal itu berbeda-beda penyebabnya,\" tuturnya.

Lantas apa yang menjadi penyebab penyakit ginjal? Kata dr. Tunggul, penyebab sakit ginjal itu bermacam-macam. Jika fungsi terhadap kontrol asam basa yang terganggu maka akan mennyebabkan sesak, jika fungsi ginjal terhadap kontrol air yang bermasalah jadi bengkak-bengkak.

Lebih lanjut lagi dr Tunggul menambahkan jika hal ini terjadi pada tulang maka akan mengalami pengeroposan. Lalu jika ada gangguan terhadap fungsi pengaturan darah maka akan terjadi anemia. Namun pada tahap akhir akan tetap mengalami penyakit ginjal kronik.

Menurut dr Tunggul D Situmorang, ada dua faktor yang menyebabkan orang di negara maju mengalami kerusakan atau gagal ginjal yaitu diabetes melitus dan hipertensi. Sementara kondisi ini berbeda pada negara berkembang, yakni glomerulusnefritis sebagai penyebabnya.

\"Penyakit gangguan ginjal yang paling banyak dikeluhkan di negara maju adalah diabetes dan hipertensi. Kalau di negara berkembang itu glomerulusnefritis. Tapi di Indonesia yang setengah-setengah ini akhirnya menjadi kompleks, dua-duanya ada di Indonesia. Tetapi yang paling banyak dikeluhkan itu karena diabetes dan hipertensi,\" jelas dr Tunggul D Situmorang.

Sementara itu menurut dr Parlindungan Siregar, Sp. PD-KGH, penyakit ginjal bisa dikendalikan dengan baik asal bisa diketahui penyebab dari sakit ginjal tersebut.

\"Yang harus ditangani itu penyebab sakit ginjalnya. Misal diabetes, ya diabetesnya yang harus kita atasi dulu. Kalau hipertensi ya hipertensinya dinormalkan terlebih dahulu,\" kata dr Parlin.

Begitu banyak fungsi ginjal. Karena itu, bila ada kelainan yang mengganggu organ ginjal, berbagai penyakit dapat kita derita. Kelainan ginjal bisa berupa penyakit ringan seperti penyakit infeksi saluran kemih atau sangat berat seperti penyakit gagal ginjal. Kelainan dapat terjadi akibat adanya kelainan pada ginjal (penyakit ginjal primer). Bisa juga akibat komplikasi penyakit sistematik (penyakit ginjal sekunder) seperti penyakit kencing manis (diabetes) dan lain-lain.

Gejala penyakit ginjal pada awalnya memang tidak begitu terlihat dan akan terlihat jelas ketika penyakit ginjal telah masuk ke stadium kronis. Penyakit ginjal jika tidak segera ditangani akan berakibat pada gagal ginjal dimana organ ini tidak dapat menjalankan fungsinya sebagai organ ekskresi.

Sebagai organ vital, ginjal harus dirawat sebaik mungkin. Kalau tidak, penyakit gagal ginjal bukanlah suatu yang mustahil akan menyerang diempunya. Walau kecil, organ ginjal ini tergolong sangat vital sehingga masyarakat awam menyebutnya juga dengan buah pinggang.

Related posts