Pengembara yang Selalu Membawa Peti Mati - Django Unchained

Django Unchained berceritatentangDjango (Jamie Foxx), seorang petugas penangkap buronan yang mencoba menyelamatkan istrinya, Broom hilda (Kerry Washington) yang sedang ditawan oleh Calvin Candie (Leonardo Di Caprio). Selain berstatus buron, Django adalah seorang budak kulit hitam yang hidup di kawasan Amerika Selatan.

Ketika Django akan dilelang untuk dijual, muncullah Dr King Schultz (Cristoph Waltz) yang berniat membebaskannya dari pemiliknya. Kebaikan Schultz bukan tanpa imbalan. Ia bermaksud meminta Django menebuskan dendamnya pada sekawanan penjahat, The Brittles Brothers. Kebetulan Django adalah salah satu dari sedikit orang yang pernah berpapasan dengan kelompok penjahat ini.

Sementara itu, terpisah dari suaminya, Broomhilda harus berusaha tegar karena ia dipaksa Candie untuk bekerja di klub malam yang sekaligus banyak menjadi Ajang “tanding kekuatan” antarpara pria yang bersedia terlibat pertarungan mematikan. Bersama dengan Schultz, Django menemukan hubungan simbiosis mutualisme dan mencoba menata kembali kehidupannya setelah menjadi manusia merdeka.

Mengambil latar di Amerika pada 1960-an, Django Unchained memang fokus pada Amerika yang masih kental dengan nuansa perbudakan dan rasialisme. Suasana khas western cowboyjuga sangat terasa di film yang memang dibuat menjadi semacam sekuel bagi film berjudul Djangoyang populer pada 60-an.

Pada film Django rilis pada 1967, Django (Franco Nero) diceritakan sebagai pengembara yang selalu membawa peti mati yang berisi aneka rupa senjata. Django membebaskan wanita bernama Maria yang hampir saja dibunuh oleh penjahat sadis bernama Mayor Jackson yang kebetulan juga membunuh istri Django.

Mengecap sukses pada film pertama, sejak akhir 1960 hingga 1980, muncul sekiranya 30 film yang menjadi ‘sekuel’ film Djangomeski tanpa dibintangi oleh Sang Django asli, Franco Nero. Khusus untuk Django edisi terbaru, Tarantino ternyata diam-diam berhasil membujuk Nero untuk tampil di film garapannya dan berberan sebagai cameo.

Kalau kita terkesan dengan Kill Billdan Inglorious Bastards, berarti akhir tahun ini “Django Unchainedbisa menjadi film yang ditunggu untuk mengiringi datangnya tahun baru.

Related posts