Parade Sepeda Klasik Indonesia

Bandoeng Laoetan Onthel III

Sabtu, 16/03/2013

Bersepeda tidak hanya menjadi hobi, namun lebih dari itu, bersepeda sudah menjadi gaya hidup sebagian orang saat ini. Pada23-24 Maret 2013, di Bandung,Jawa Baratakan menjadi lautan sepeda tua atau yang lebih dikenal sepeda Onthel. Ribuan sepeda antik ini akan berkumpul dalam sebuah acara bertajuk "Bandoeng Laoetan Onthel" atau "Festival Sepeda Antik Internasional".

Ajang ini, hanya diadakan sekali dalam tiga tahun, festival ini merupakan sebuah acara langka dan menarik yang pastinya sangat sayang untuk dilewatkan. Denganmenggunakan ejaan Bahasa Indonesia lama sebagai judul kegiatan tersebut, "Bandoeng Laoetan Onthel" secara harfiah berarti Bandung, Lautan Sepeda Klasik.

Baca juga: Indonesia Sandang Predikat Negara Damai - Masuk 50 Besar

Acara ini akan menampilkan berbagai koleksi sepeda klasik dari seluruh Indonesia dan bahkan dari luar negeri. Seperti festival sebelumnya pada 2007 dan 2010, acara ini juga akan diramaikan berbagai kegiatan menarik sepertiClassic Bicycles Freestyle, tur sepeda dalam kota, parade, panggung hiburan, dan berbagai pertunjukan seni tradisional Sunda.

Selain diikuti berbagai klub sepeda klasik dari seluruh Indonesia, acara tersebut juga akan dihadiri para kolektor dan ahli sepeda klasik dunia diantaranya Andre Koopmans, Jos Rietveld, Theo de Kogel dari Belanda, Colin Kirsch dari Inggris, dan rombonganKelab Basikal Tuaperkumpulan sepeda klasik dari Malaysia.

Baca juga: Indonesia Tuan Rumah Raid Amazone 2015

Bandoeng Laoetan Onthell nanti rencananya akan dihadiri lebih dari 5.000"onthelis" dari seluruh nusantara dan luar negeri. Tahun ini, jumlahnya diperkirakan bertambah karena pecinta sepeda klasik ini semakin tahun semakin bertambah.

"Bandoeng Laoetan Onthel" diselenggarakan oleh Paguyuban Sapedah Baheula Bandoeng West Java-Indonesia. Festival ini tidak hanya bertujuan sebagai arena atau media pertemuan para penggemar sepeda klasik dari seluruh nusantara dan dunia. Di sini mereka dapat berinteraksi dan mempromosikan bersepeda sebagai gaya hidup bagi masyarakat umum. Dalam mobilitas dunia modern saat ini dimana kendaraan bermotor menjadi salah satu sumber utama polusi maka sepeda dianggap sebagai moda transportasi sempurna yang tidak hanya ramah lingkungan tetapi juga sehat.

Baca juga: Promosikan Indonesia Dalam Festival Asia di London - "Wonderful Emerald of the Equator"