Lindungi Keamanan IT Industri Besar dan Kecil - Kaspersky Endpoint Security for Business

Semua perusahaan baik industri besar maupun industri kecil dan menengah (UKM) menghadapi tantangan tambahan, yakni dengan penggunaan perangkat mobile dan PC personal untuk membantu menyelesaikan pekerjaan mereka, data rahasia perusahaan bebas bergerak di luar jaringan perusahaan. Ini berarti seluruh data yang berada di dalam perangkat mobile dan Personal Computer (PC) sangat rawan dicuri.

Belum lagi kejahatan cyber lainnya seperti serangan malware dan masalah umum keamanan Information Technology (IT) bagi UKM hingga industri besar. Tak ayal, hal-hal tersebut memaksa para manajer IT untuk menemukan dan menambal lubang keamanan di aplikasi dan sistem operasi perangkat mobile karyawan.

Makanya, belum lama ini Kaspersky Lab meluncurkan platform terbarunya yaitu Kaspersky Endpoint Security for Business (KESB). Platform baru tesebut ditujukan untuk menghadapi malware dan kejahatan cyber serta masalah umum keamanan IT bagi industri bisnis kecil dan menengah (UKM) hingga industri besar.

Senior Product Launch Manager Kaspersky Lab Andrey Pozhogin mengatakan, KESB mampu memberikan perlindungan menyeluruh hanya melalui satu platform, satu konsol, dan satu biaya. Melalui KESB, pengatur administrasi IT dapat melihat, mengontrol, dan melindungi seluruh sistem infrastruktur ITperusahaan baik PC, mesin virtual, maupun perangkat mobile.

Ada beberapa teknologi baru yang diterapkan dalam KESB, di antaranya fungsi manajemen dan keamanan perangkat mobile, manajemen sistem, kontrol aplikasi, dan enkripsi data.Fungsi manajemen dan keamanan perangkat mobile memungkinkan petugas administrasi IT mengamankan dan melindungi data di perangkat mobile. Perlindungan tersebut juga bisa dilakukan dari jarak jauh menggunakan mobile device management (MDM) terpusat.

Teknologi kontrol aplikasi memungkinkan pengaturan penggunaan aplikasi melalui kebijakan IT perusahaan, sementara manajemen sistem menyusun sistem konfigurasim untuk membuat tugas IT seperti penginstalan sistem operasi, inventarisasi jaringan, pembagian sisten, dan kontrol jarak jauh menjadi lebih cepat.

Sedangkan, teknologi enkripsi data memungkinkan keamanan file terlindungi dengan eknripsi advanced encryption standard (AES) 256 bit jika perangkat hilang. Teknologi ini juga bisa diterapkan pada penyimpan data bergerak sehingga data tidak dapat dibaca di luar jaringan perusahaan.

KESB tersedia di pasar Indonesia pada awal bulan ini yang dijual dalam beberapa paket yang berbeda yakni Core, Advanced, Select, dan Total. Paket Core memiliki fitur perlindungan multi layer anti malware dan konsol manajemen anti malware. Paket Select memiliki multi layer anti malware, kontrol aplikasi, perangkat, dan situs, serta manajemen keamanan perangkat mobile.

Adapun paket Advanced dibekali fitur anti malware, kontrol endpoint, enkripsi data, management patch IT, dan keamanan perangkat mobile, sementara paket Total ditujukan untuk perusahaan besar dengan fitur keamanan dan perlindungan paling lengkap di antara paket lainnya.

Related posts