free hit counter

Bappenas Ingin Memajukan Kaum Hawa Indonesia

Program Stranas PUG

Rabu, 06/03/2013

NERACA

Jakarta - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Armida Salsiah Alisjahbana, mengatakan program Strategi Nasional Percepatan Pengarusutamaan Gender (Stranas PUG) bertujuan untuk meningkatkan potensi sumberdaya manusia (SDM) bagi kaum perempuan di Indonesia. Hal ini juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kesetaraan gender bagi kaum hawa.

"Stranas PUG melalui Perencanaan dan Penganggaran yang Responsif Gender (PPRG) dapat meningkat peran perempuan dalam kehidupan bangsa. PPRG dapat menjadi masukan bagi semua pengambil keputusan di Indonesia baik pusat maupun daerah," kata Armida di Gedung Bappenas, Jakarta, Selasa (5/3). Menurut dia, stranas ini akan lebih fokus pada masalah kesehatan, kemiskinan dan pendidikan untuk kaum perempuan.

Penyusunan stranas PPRG ini juga bertujuan agar pelaksanaannya menjadi terarah, sistematis dan sinergis. Baik di tingkat nasional maupun daerah serta meningkatkan kualitas dan kesempatan perempuan. Sasaran yang ingin dicapai adalah penguatan dasar hukum di daerah, penetapan mekanisme, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi di tingkat Kementerian atau Lembaga dan Pemda (Pemerintah Daerah).

Informasi saja, saat ini jumlah penduduk Indonesia sudah mencapai 240 juta, dari jumlah tersebut 120 juta adalah kaum perempuan. Armida juga mengatakan, dengan jumlah kaum perempuan yang hampir mencapai setengah dari total penduduk Indonesia, maka potensi ini harus dimanfaatkan dengan baik agar kaum perempuan tidak tertindas.Next