Danamon Bidik Pertumbuhan Giro-Tabungan Rp40 Triliun - Targetkan 5.000 Nasabah Mahasiswa

NERACA

Depok- PT Bank Danamon Indonesia Tbk menargetkan pertumbuhan giro dan tabungan mencapai Rp40 triliun hingga 2018 mendatang. Head of Marketing Retail Banking Danamon, Djoemangin Budiono, menuturkan jika tahun ini, giro dan tabungan perseroan ditargetkan tumbuh 15%-20% atau mencapai Rp27 triliun.

Dia menuturkan, target tersebut bisa terelasasi melalui sejumlah varian produk tabungan Danamon yaitu Danamon Flexi Max, Danamon MU, Danamon Hebat, Danamon Cita-cita ku, dan Danamon Prima Dollar. Saat ini, jumlah nasabah Danamon mencapai tiga juta orang. Sebagian besar dikontribusikan oleh nasabah Bank Danamon Hebat.

"Sebagian besar dikontribusikan oleh Danamon Hebat,” ujar Djoemangin di Depok, Jawa Barat, Senin (4/3). Kontribusi Danamon Hebat semakin besar karena tabungan Danamon Hebat tidak memungut biaya administrasi dan biaya dari transaksi ATM Bersama dalam jumlah yang ditentukan. Dia juga menyebutkan, khusus saldo Rp1 juta tidak akan ada biaya administrasi, sementara saldo minimal Rp2,5 juta tidak ada pungutan fee transaksi melalui ATM Bersama.

Selain itu, imbuh dia, ada cashback sebesar Rp50 ribu untuk belanja senilai Rp1 juta. Dirinya juga mengatakan, jumlah Nasabah MU dan Nasabah Hebat Bank Danamon akan mencapai pertumbuhan yang signifikan karena keduanya memiliki segmen yang spesifik. "Kalau MU kan ada penggemar yang banyak. Mereka bisa mendapatkan tiket nonton gratis di MU dalam promo yang kita ajukan. Nah, kalau Danamon Hebat menyasar segmen pekerja dan mahasiswa jadi kedua segmen ini yang akan terus tumbuh," katanya.

Di tempat yang sama, Direktur Consumer Banking Bank Danamon, Michellina Triwardhany, menjelaskan bahwa perseroan ingin meningkatkan penetrasinya ke masyarakat dan meningkatkan dana pihak ketiga (DPK), melalui segmen mahasiswa. Untuk itu perseroan melakukan kampanye “Danamon Lebih Goes to Campus”.

“Kami berharap (Danamon Lebih Goes to Campus) dapat meningkatkan pendanaan Danamon. Acara ini akan berlangsung selama 20 hari. Tujuannya menyasar mahasiswa 10 universitas di Jabodetabek, seperti Universitas Indonesia, Universitas Pelita Harapan, dan Universitas Trisakti,” terangnya. Maka tak heran, Danamon mengincar tambahan lima ribu nasabah baru dari kampanye “Danamon Lebih Goes to Campus”.

Danamon Lebih sendiri merupakan produk tabungan andalan perseroan. Mereka mengklaim produk Danamon Lebih adalah pilihan ideal bagi mahasiswa yang ingin mengenal lebih jauh manfaat menabung di bank. Tabungan Danamon, sambung dia, juga memberikan manfaat senilai kurang lebih Rp1 juta per tahun. Dengan demikian tidak ada lagi hambatan bagi mahasiswa untuk membuka tabungan di Danamon.

“Kampanye dan promosi usaha kami, untuk berkenalan langsung dengan segmen muda, terutama mahasiswa. Mengukur keberhasilan dari apakah kita menjadi dikenal, dan memperoleh nasabah baru. Saya kira, target lima ribu mahasiswa adalah ideal,” tegas Michellina. Dia menambahkan, kendati belum mematok target nasabah baru dari segmen mahasiswa ini namun perseroan berharap banyak dari segmen ini untuk masa-masa mendatang. Kampanye “Danamon Lebih Goes to Campus” sendiri ditujukan untuk meningkatkan kesadaran segmen muda akan pentingnya budaya menabung.

“Kalau ada disiplin menabung dari muda, bisa lebih mapan saat bekerja. Kedua juga memperkenalkan Danamon ke segmen lebih muda. Ini untuk jangka panjang, memberikan dukunganfinancialseumur hidup dari muda,” tuturnya.

Danamon mematok target lima ribu mahasiswa pengunjungboothBank Danamon di 10 kampus di wilayah Jabodetabek. Dalamboothberbentuk bus ini, perseroan menampilkan berbagai permainan terkait dengan produk Danamon Lebih, untuk menarik minat menabung para mahasiswa.

“Dalam program ini, kami tawarkan bebas biaya administrasi, biasanya kan potongannya Rp12 ribu sampai Rp15 ribu per bulan. Lalu adacashbackRp50 ribu setiap pembelanjaan (debit) minimal Rp1 juta. Lalu ada gratis transfer untuk transaksionline banking. Lalu untuk penarikan uang di ATM juga gratis. Selain itu kita tawarkan asuransi jiwa gratis, pun hadiah langsunglock n lock,” paparnya.

Michellina menambahkan, perseroan berharap seluruh pengunjungboothkampanye “Danamon Lebih Goes to Campus” bisa menjadi nasabah baru Bank Danamon. Menurutnya, setoran awal untuk pembukaan rekening Danamon Lebih sebesar Rp250 ribu, dengan saldo minimun Rp50 ribu. Sedangkan untuk memeroleh beberapa manfaat Danamon Lebih, saldo mengendap berikisar dari Rp1 juta sampai Rp2,5 juta.

Melalui kampanye ini, Danamon berharap mahasiswa mendapatkan informasi lengkap mengenai produk tabungan perbankan. Kemudian, dapat menggunakan informasi tersebut untuk membuat keputusan dalam membuka tabungan. Akhir 2012, total DPK Bank Danamon mencapai Rp91,7 triliun, meningkat 4% dalam setahunan dari Rp88,05 triliun pada akhir 2011. Sementara khusus dana murah, atau giro dan tabungan meningkat 18% dalam setahunan dari Rp36,42 triliun menjadi Rp43,12 triliun. [ardi]

Related posts