3 Ponsel Outdoor Tangguh - Sonim XP3 Quest, Samsung Xcover 271, Cat B15

Ponsel menjadi salah satu alat terpenting dalam berkomunikimasi. Namun, kebutuhan setiap orang sangatlah berbeda, khususnya untuk para penggiat olahraga ekstrim dan kegiatan outdoor. Pastilah membutuhkan ponsel yang tentunya bisa diandalkan.

NERACA

Ya, seiring berjalannya waktu dan seiring berkembangnya teknologi, apalagi bagi Anda pelaku segala kegiatan outdoor, pasti akan membutuhkan ponsel yangtahan air, dan tahan debu ataupun tahan banting untukberkomunikasi. Nah, berikut ini adalah ponsel-ponsel yang memiliki kekuatan khusus untuk kegiatan outdoor.

Ponsel yang pertama adalah Sonim. Sonim dikenal rajanya ponsel tahan banting dan XP3 Quest adalah salah satu ponsel tertangguh besutan mereka. Ponsel ini lolos uji sertifikasi militer yang membuatnya tahan dimasukkan ke kedalaman air, tahan debu, dan tahan panas. Ponsel ini didesain agar tahan banting dengan ketinggian lebih-kurang 3 meter. Tombolkeypad-nya telah diujic oba dan tahan sampai 500.000 kali tekanan. Uji coba lainnya dengan dimasukkan dalam lumpur dan ‘dimasak’ dalam oven. Hasilnya, ponsel ini tetap saja berjalan dengan baik dan sangat normal. Meski sudah cukup lama diprodusi, namun hingga saat ini ponsel ini masih dicari.

Desainnya yang didominasi warna kuning yang maskulin dan solid, mencerminkan ketangguhan ponsel ini, desainnya sangar, mencerminkan kehidupan alam liar yang ganas. Soal fitur, ponsel ini cukup lengkap meski tak bisa dibilang kelas atas. Ada kamera 2 megapiksel untuk mengabadikan petualangan di alam liar, fitur navigasi A GPS, dan baterai tahan lama. Tidak lupa juga disematkan Bluetooth sampai MP3 untuk memberi hiburan saat berpetualang atau melakukan aktivitas di luar rumah. Disekeliling LCD diberikan pelindung tembaga, sehingga LCD tidak pecah walaupun terlindas mobil. Garansinya pun tidak main-main, Sonim memberikan garansi 3 tahun tanpa syarat.

Ponsel yang selanjutnya adalah Samsung Xcover 271atau dengan nama resminya GT-B2710 adalah ponsel keluaran terbaru Samsung yang telah memiliki sertifikat IP67 yang berarti ponsel ini tahan terhadap getaran, debu dan air. Bahkan ponsel ini dapat bertahan di air dengan kedalaman 1 meter selama 30 menit. Jangan dikira dengan sertifikat tersebut membuat ponsel Samsung Xcover 271 tidak memiliki fitur handal. Samsung Xcover 271 ternyata sudah memiliki fitur seperti dapat memutar musik, menonton video, bermain game, dan juga mendengarkan radio.

Fitur radio Samsung Xcover 271 pun dapat merekam siaran radio, sehingga membuat Anda dapat mendengarkannya di waktu lain. Facebook dan Twitter juga dapat diakses langsung melalui ponsel ini. Untuk urusan koneksi internet selain dapat menggunakan jaringan EDGE dan GPRS, juga dapat menggunakan jaringan 3G. Soal kamera, ponsel ini memiliki 2MP. Tidak hanya itu Samsung Xcover 271 pun sudah disertai dengan GPS yang mendukung A-GPS dan tersedia fitur kompas dan peta, yang bisa membantu Anda agar tidak kehilangan arah. Dengan semua kemampuan Samsung Xcover 271, ponsel ini dibanderol $200 atau sekitar Rp 1.700.000.

Dan yang terakhir adalah Cat B15. Smartphone yang diklaim berdaya tahan tinggi ini diluncurkan di sela acara Mobile World Congress (MWC) 2013 yang sedang berlangsung di Barcelona, Spanyol. Smartphone berkekuatan khusus ini dibuat oleh Caterpillar Inc, perusahaan pembuat mesin untuk konstruksi dan pertambangan. Maraknya pasar smartphone membuat Caterpillar mencoba peruntungan di pasar ponsel. Lahan kerja yang berat dan beresiko tinggi mendorong Caterpillar membuat ponsel yang berdaya tahan tinggi. Cat B15 mengantongi sertifikasi IP67 untuk perangkat memiliki ketahanan tinggi.

Ponsel dengan dukungan fitur pekerjaan sehari-hari ini diklaim tahan 'banting' ketika jatuh dari ketinggian 1,8 meter. Tak hanya itu, ponsel ini juga tahan direndam dalam air sedalam 1 meter selama 30 menit. Layar kapasitif ini dilapisi teknologi Corning Gorilla Glass dan mendukung fiturwet trackingyang membuatnya tetap responsif meski dalam basah. Bodi smartphone kuat ini diproteksi menggunakan aluminium yang dilapisi perak dan karet penyerap guncangan. Cat B15 akan tersedia di pasaran mulai bulan Maret 2013 mendatang. Banderol yang disematkan di perangkat ini sebesar 329 euro atau sekitar Rp 4,1 juta.

Related posts