Bersama VW, CIMB Niaga Tingkatkan Pembiayaan Otomotif

NERACA

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk menandatangani perjanjian kerja sama dengan PT Garuda Mataram Motor, selaku distributor resmi mobil Volkswagen (VW) di Indonesia, dalam hal penyediaan fasilitas pembelian mobil VW. Kerja sama ini semakin memantapkan posisi CIMB Niaga dalam hal penyediaan fasilitas pembelian mobil di segmen menengah atas. Sebelumnya, CIMB Niaga telah bekerjasama dengan sejumlah produsen mobil mewah di Indonesia.

Ernin Saleh, Head of Automotive Indirect Business CIMB Niaga, mengungkapkan kerja sama ini menjadi salah satu strategi CIMB Niaga untuk terus meningkatkan portofolio pembiayaan otomotif perseroan. “Hal ini sejalan dengan strategi pertumbuhan CIMB Niaga, salah satunya pada pembiayaan di sector otomotif,” terang Ernin di Jakarta, Rabu (27/2).

Menurut Ernin, jumlah penduduk Indonesia yang besar, disamping perekonomian yang terbilang relatif stabil, membuat daya beli masyarakat terus meningkat setiap tahunnya. Hal ini berdampak positif pada penjualan mobil di Indonesia. Data resmi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), seperti dikutip dari situs Gaikindo mencatat, penjualan mobil di Indonesia sepanjang 2012 berhasil mencapai angka 1.116.230 unit.

Pencapaian ini sedikit melebihi perkiraan sebagian besar pengamat yang memperkirakan penjualan mobil di Indonesia untuk tahun 2012 sebanyak 1 juta unit. Peningkatan penjualan mobil di Indonesia, berbanding lurus dengan pembiayaan otomotif CIMB Niaga.

Per 31 Desember 2012, pembiayaan otomotif CIMB Niaga mencapai Rp17,48 triliun, angka ini meningkat 12% dibandingkan pencapaian di periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp15,59 triliun. Untuk terus meningkatkan portofolio pembiayaan otomotif, salah satu strateginya adalah dengan menggandeng produsen otomotif ternama.

Saat ini, VW telah menjadi salah satu produsen otomotif premium di Indonesia. Dengan jenis mobil seperti Golf, Beetle, Polo, dan Toureg, yang harganya berkisar Rp400 juta ke atas, segmen pasar VW sangat cocok dengan pangsa pasar pembiayaan mobil CIMB Niaga yang menyasar segmen menengah ke atas.

Beragam produk

Ernin juga mengatakan, CIMB Niaga menyediakan beragam, produk pembiayaan otomotif kepada konsumen. Untuk segmen premium, CIMB Niaga mempunyai produk Kredit Pemilikan Mobil (KPM) Smart Luxury. KPM Smart Luxury menawarkan kemudahan bagi konsumen berupa pembayaran bunga di awal, adapun pokok (principle) dibayar secara bertahap setiap tahun, sesuai jangka waktu pilihan konsumen.

Sementara bagi konsumen yang ingin mengambil skema pembiayaan yang berbeda, CIMB Niaga mempunyai dua produk KPM lainnya yaitu KPM Smart Balloon Payment, yang memberikan kemudahan cara pembayaran yang disesuaikan dengan keinginan nasabah, di mana sebagian pokok dibayarkan di akhir tenor pinjaman, sehingga angsuran yang dibayarkan nasabah setiap bulannya tidak terlalu besar, serta pilihan KPM Smart Reguler.

“Beragam pilihan skema pembiayaan otomotif itu menjadi bukti komitmen kami untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada nasabah CIMB Niaga,” ujar Ernin. Sementara Andrew Nasuri, Direktur Utama Garuda Mataram Motor, mengungkapkan VW mempunyai beragam jenis mobil yang disesuaikan dengan karakter masyarakat Indonesia.

Mulai dari kelas sedan, mobil sport, hingga kelas SUV. Yang paling terbaru adalah produk VW Tiguan, produk SUV teranyar VW, yang peluncurannya dilakukan Rabu (27/2) kemarin. “Menyasar segmen menengah ke atas, dengan dukungan delapan dealer di Indonesia, kami optimistis penjualan kami akan terus meningkat. Hal ini didukung pula dengan kerja sama kami dengan CIMB Niaga,” jelas Andrew. [rin]

Related posts