Mozilla luncurkan OS Firefox

Tidak mau ketinggalan rasanya ini adalah kata yang pantas untuk Mozila. Mengikuti jejak-jejak pendahulunya, Mozila tidak ingin ketinggalan membuat Operating System untuk sebuah smartphone. Berawal dari sebuah yayasan, Mozilla tumbuh dan bertujuan untuk mengembangkan sebuah peramban web yang kecil, cepat, sederhana, dan sangat bisa dikembangkan, terpisah dariMozillaSuite yang lebih besar. Sejak 3 April 2003, Firefox dan kliensurelThunderbirdtelah menjadi fokus utama pengembang Yayasan Mozilla untuk menggantikan Mozilla Suite.

Sebelum rilis versi 1.0-nya pada9 November2004, Firefox telah mendapatkan sambutan yang sangat bagus dari pihak media, termasuk dariForbesdanWall Street Journal.Dengan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta hingga24 November2004, Firefox 1.0 adalah salah satuperangkat lunak gratis,sumber terbuka(open-source) yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan. Berawal dari inilah, akhirnya Mozilla memberanikan diri untuk lebih mengembangkan sayapnya lagi seperti membuatnya menjadi operating system smartphone.

Mozilla telah merilis video yang mendemonstrasikan kerja software sistem operasi (operating system) Firefox pertamanya. Pada Minggu pagi kemarin, CEO Mozilla Gary Kovacs menyatakan bahwa sistem operasi Firefox akan tersedia di Amerika Serikat pada 2014, namun ia tidak menyebut tanggal dan bulannya. Tahun ini, perangkat lunak yang akan menjalankan sejumlah merk ponsel di awal debutnya itu, akan hadir di Brazil, Kolumbia, Hungaria, Meksiko, Montenegro, Polandia, Serbia, Spanyol, dan Venezuela, sementara di negara-negara lainnya menyusul kemudian.

OS yang berbasis HTML5 tersebut, kata Mozilla, akan tersedia di ponsel-ponsel yang diproduksi ZTE, Huawei, LG, dan Alcatel yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon. Salah satu fitur menarik dari sistem operasi Firefox ialah pencarian untuk film. Dalam demonstrasi yang dibawakan Jay Sullivan, SVP Product Mozilla, dipertontonkan bagaimana aplikasi itu menjalankan pencarian film "Skyfall". Sejumlah aplikasi terkait-film juga muncul dalam pencarian.

OS Firefox, perangkat lunak open source seperti Android, akan mencoba memasuki pasar di tengah popularitas perangkat lunak Apple, iOs, dan Google Android. Di awal kehadirannya, sejauh ini sudah ada 17 operator yang menyatakan berniat menggunakan OS Firefox, termasuk Sprint, America Movil, Unicom China, Deutsche Telekom, Etisalat, Hutchison Three Group, KDDI, KT, MegaFon, Qtel, SingTel, Smart, Telecom Italia Group, Telefonica, Telenor, TMN, dan VimpelCom.

Related posts